7 Bahan Alami Untuk Mencerahkan Leher Hitam


Leher hitam dapat diatasi dengan membersihkan leher saat mandi

Penampilan adalah penilaian pertama saat bertemu dengan orang baru. Wajah yang cantik, tubuh ideal, dan baju yang rapi. Sayangnya, ada hal penting yang sering dilewatkan, yaitu menjaga kebersihan leher. 

Leher merupakan bagian lipatan yang rentan terkena debu dan kotoran. Sama seperti wajah, leher juga harus rutin dibersihkan. Melewatkan perawatan leher dapat menyebabkan leher hitam. 

Namun, Anda tak perlu khawatir, Anda dapat mencerahkan leher yang menghitam dengan menggunakan bahan alami dibawah ini:

  1. Kacang Almond

Kacang almond mengandung beragam vitamin yang bermanfaat untuk menutrisi kulit. Almond juga terbukti mampu menyamakan warna kulit. Untuk mencerahkan leher yang menghitam, Anda dapat membuat lulur almond. 

Larutkan satu sendok teh bubuk almond dengan satu sendok susu dan madu. Oleskan lulur di area leher yang hitam, lalu diamkan selama setengah jam. Setelahnya bilas dengan air bersih. Anda dapat menggunakan lulur ini empat kali seminggu.

  1. Kacang Kenari

Kenari mengandung vitamin dan mineral yang berfungsi untuk melembabkan kulit. Anda dapat menjadikan kenari sebagai exfoliating scrub untuk merawat leher hitam.

Anda cukup menghancurkan beberapa butir kacang kenari dan mencampurnya dengan yogurt hingga mengental. Oleskan ke area leher yang gelap dan gosok secara perlahan. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air dingin atau air mawar.

  1. Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya terkenal akan kandungan antioksidannya dan bermanfaat untuk kesehatan kulit. Aloe vera dapat melembabkan, mencerahkan, serta memperbaiki dan meregenerasi sel-sel kulit yang baru.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Oleskan gel lidah buaya ke area leher, kemudian pijat lembut. Diamkan selama 20 menit lalu cuci dengan air. Anda dapat mendapatkan gel lidah buaya langsung dari daun atau produk kecantikan. Untuk mempercepat efek mencerahkan, Anda dapat mengulangi proses ini setiap hari.

  1. Oat

Oat adalah eksfoliator yang bagus dan ampuh untuk berbagai masalah kulit. Untuk menghilangkan pigmentasi pada area leher, Anda dapat menjadikan oat sebagai scrub.

Campurkan dua sendok makan oat dengan 4 buah tomat yang telah dihaluskan, lalu aduk hingga mengental. Oleskan pasta ini ke leher dan diamkan selama 20 menit. Gosok leher dengan lembut lalu bilas dengan air dingin. Jangan lupa untuk oleskan pelembab untuk mencegah kekeringan. Anda dapat melakukan proses ini satu hingga dua kali seminggu.

  1. Baking Soda

Larutkan baking soda dengan air dengan perbandingan 3:1, dan aduk hingga mengental. Aplikasikan pasta ke bagian leher dan diamkan hingga mengering. Setelah mengering, gosok dengan perlahan lalu bilas hingga bersih.

Pasta baking soda dapat mengangkat kulit mati dan meratakan warna kulit yang berbeda. Untuk mendapat efek yang maksimal, ulangi proses ini dua kali seminggu.

  1. Mentimun

Haluskan mentimun dan campur dengan jus lemon dengan perbandingan 1:1, kemudian oleskan di area leher yang gelap. Diamkan selama 10 menit lalu bilas menggunakan air dingin. Mentimun berkhasiat menenangkan kulit yang meradang, memperbaiki sel kulit, mengangkat sel kulit mati, dan mencerahkan. 

  1. Yogurt

Yogurt mengandung lemak sehat dan asam yang dapat membantu melembabkan, menutrisi, dan mencerahkan kulit. Anda dapat langsung mengoleskan yogurt ke area kulit yang gelap. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air.

Anda juga dapat mencampurkan yogurt dengan perasan air lemon atau kunyit. Campurkan satu sendok yogurt dengan jus lemon, lalu aplikasikan ke leher yang hitam. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Anda bisa mengulangi proses ini 4 hingga 5 kali dalam seminggu.

Untuk campuran yogurt dan kunyit, Anda dapat mendiamkannya selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.  Lakukan dua hingga tiga kali seminggu sebagai perawatan kulit leher yang gelap.

CatatanAnda mungkin telah melakukan berbagai cara untuk mengatasi leher hitam. Namun, bila cara tersebut tidak berhasil, Anda disarankan untuk menemui dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Mungkin saja leher hitam yang Anda alami disebabkan oleh kondisi medis yang tidak Anda sadari.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *