9 Hal tentang Menyusui yang Penting Diketahui


Menyusui tidak hanya sebatas memberikan asupan makanan kepada buah hati. Menyusui juga merupakan momen kedekatan ibu dan anak. Setelah melewati proses kehamilan dan persalinan, fase menyusui bukanlah hal mudah. Simak 9 hal yang tidak diketahui tentang menyusui berikut, agar menyusui terasa lebih lancar dan menyenangkan.

ibu menyusui bayi

Hentikan Diet Sementara

Tubuh wanita dirancang untuk menghasilkan air susu. Untuk mendapatkan air susu yang berkualitas, asupan makanan harus diperhatikan. Konsumsilah makanan yang menambah energi, perbanyak sayuran dan buah-buahan. Anda mungkin ingin segera mengembalikan berat badan pada kondisi ideal. Namun saat menyusui, sebaiknya jangan menjalani diet ketat, agar tidak produksi ASI tidak terganggu.

Sering Kram Perut

Kram perut saat menyusui wajar terjadi. Seorang dokter spesialis anak beranama Laura Jana, M.D mengatakan hal ini disebabkan oleh rahim yang kembali normal. Kondisi ini justru bermanfaat untuk mengurangi risiko terhadap pendarahan rahim.

Warna Air Susu Tidak Selalu Sama

Jangan kaget jika warna air susu Anda tidak selalu sama. Pada awalnya, Anda akan menghasilkan kolostrum putih kekuning-kuningan yang kaya protein. Dalam beberapa hari, air susu mungkin akan terlihat lebih encer. Namun sekali waktu, akan terlihat putih dan kental.

ASI Sering Keluar dengan Sendirinya

Sebagian besar ibu menyusui merasa risih saat air susunya keluar. Sebab, kondisi akan membuat baju menjadi basah. Ini hal yang kadang belum disadari, bahwa hal tersebut akan sering terjadi. Bagaimana jika kondisi ini terjadi saat Anda sedang bekerja? Memompa ASI dan memakai breast pad akan membantu mengatasi masalah ini.

Payudara Lebih Sensitif

Menyusui membuat payudara lebih sensitif. Hal ini akan berdampak dalam hubungan suami istri. Payudara akan lebih sakit jika disentuh. Jadi, komunikasikan hal ini dengan pasangan agar tercipta hubungan yang lebih harmonis.

Rutinitas yang Membosankan

Menyusui buah hati membutuhkan waktu lama, dan berulang. Bisa jadi, keadaan ini akan menjadi rutinitas yang membosankan. Untuk itu, sambil menyusui, ibu bisa melakukan aktivitas yang menarik seperti menonton DVD atau membaca buku.

Menyusui Bisa Jadi Menyakitkan

Beberapa ibu menyusui akan merasakan bahwa aktivitas ini akan menyakitkan. Rasa sakit pada puting akan muncul terutama pada awal-awal proses menyusui. Banyak ibu yang mengalami luka dan iritasi pada puting. Anda juga harus mempelajari cara memompa ASI. Jangan sampai kecepatannya melukai puting.

Payudara Membesar

Menyusui membuat payudara Anda menjadi lebih besar dan berat badan bertambah. Mungkin Anda akan merasa kurang nyaman dengan perubahan tersebut. Namun, beberapa suami malah akan beranggapan bahwa Anda adalah wanita sekaligus ibu yang seksi.

Cari Dukungan

Hal yang tidak diketahui tentang menyusui adalah perasaan ingin menyerah. Terkadang ibu merasa frustrasi dengan hasil susu yang sedikit, rasa sakit yang mendera atau perubahan-perubahan lainnya. Cobalah cari dukungan lewat sharing bersama ibu menyusui lainnya, sehingga bisa meringankan beban pikiran.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *