Berbahayakah Benjolan yang Muncul di Ketiak?


benjolan di ketiak

Benjolan dapat muncul di area tubuh mana saja, salah satunya di ketiak. Benjolan di ketiak ini tidak hanya dialami oleh wanita saja namun juga pria. Seringkali, benjolan di ketiak bukan merupakan masalah yang serius dan akan menghilang dengan sendirinya ketika kondisi kesehatan tubuh membaik. Akan tetapi, ada juga benjolan yang muncul disertai dengan rasa sakit terutama jika ditekan. Jika hal tersebut Anda alami, maka perlu pemeriksaan lebih lanjut guna menghindari kemungkinan komplikasi atau kondisi medis yang lebih serius.

Penyebab munculnya benjolan di ketiak

Benjolan di ketiak yang muncul dan terasa sakit perlu diwaspadai. Pemicunya cukup banyak dan berbeda-beda. Berikut ini beberapa penyebab munculnya benjolan di ketiak yang mungkin Anda alami.

  • Cedera otot

Penyebab benjolan di ketiak yang pertama yaitu terjadinya cedera otot. Apabila benjolan muncul disertai rasa sakit dan tidak kunjung hilang setelah seminggu, Anda perlu segera melakukan pemeriksaan ke dokter sebab kemungkinan telah terjadi robekan otot. Cedera otot sering terjadi saat beroloahraga.

  • Mencukur

Kegiatan seperti mencukur juga bisa menyebabkan benjolan di ketiak. Apabila proses mencukur bulu ketiak tidak maka dapat membuat peradangan pada folikel rambut. Hal tersebut tidak berbahaya, sebab umumnya benjolan akibat luka mencukur dapat hilang dalam beberapa hari.

  • Alergi

Benjolan di ketiak bisa muncul sebagai respon alergi terhadap produk yang Anda gunakan seperti parfum, lotion, deodoran, bahkan sabun mandi. Kemungkinan terjadinya alergi akan meningkat jika Anda memiliki jenis kulit yang sensitif. Selain munculnya benjolan di ketiak disertai rasa perih, gejala alergi yang biasanya terlihat adalah bengkak, rasa gatal, ruam, dan kulit berwarna kemerahan.

  • Infeksi

Penyebab benjolan di ketiak lainnya adalah infeksi pada kulit. Jenis infeksi bisa bermacam-macam seperti infeksi bakteri, jamur, dan hidadenitis. Benjolan di ketiak karena infeksi akan dibarengi dengan rasa sakit, pembengkakan,dan iritasi kulit. 

  • Kelenjar getah bening

Pembengkakan kelenjar getah bening menjadi salah satu penyebab yang cukup sering pada benjolan di ketiak. Benjolan akan disertai rasa sakit sebab nodus limfa sedang merespon adanya bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh.

  • Kanker payudara

Penyebab lain benjolan di ketiak adalah kanker payudara. Kanker payudara dapat menyebabkan sistem limfatik terpengaruh sehingga muncul benjolan di ketiak dan terasa sakit saat ditekan.

Cara menghilangkan benjolan di ketiak

Apabila Anda menemukan benjolan di ketiak, maka perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu. Setelah itu, Anda pun bisa menentukan cara yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Berikut ini merupakan beberapa cara menghilangkan benjolan di ketiak yang sebaiknya Anda pahami.

  • Kompres

Cara pertama dan paling mudah untuk meredakan nyeri pada benjolan di ketiak adalah dengan memberikan kompres pada area tersebut. Pastikan Anda menggunakan air hangat saat mengompres, ya!

  • Krim kulit

Selain kompres, pemberian krim juga dapat membantu. Pemberian krim berupa obat oles luar ini perlu petunjuk dokter sehingga tepat dosis dan tujuannya. Krim tersebut dapat berupa krim antijamur, krim pereda nyeri, atau krim pereda iritasi.  

  • Antibiotik

Antibiotik juga akan diresepkan oleh dokter untuk menghilangkan benjolan di ketiak khususnya karena adanya infeksi. Pemberian antibiotik tidak bisa dilakukan mandiri sehingga Anda membutuhkan resep dari dokter.

  • Operasi

Apabila berabagai jenis obat telah diberikan namun benjolan di ketiak masih ada dan terasa sakit, maka bisa dilakukan operasi. Hal itu dilakukan jika benjolan di ketiak muncul karena adanya tumor jinak.

  • Terapi

Cara terakhir menghilangkan benjolan di ketiak adalah dengan terapi. Benjol di ketiak karena kanker payudara membutuhkan terapi kanker seperti kemoterapi atau radiasi.

Diagnosis secara mandiri seringkali dilakukan karena merasa tidak memiliki waktu untuk mendatangi dokter untuk berkonsultasi. Akan tetapi, penting untuk mengetahui opini dokter sejak awal benjolan di ketiak muncul. Anda dapat melakukan konsultasi secara online dan mudah melalui aplikasi SehatQ. Dengan begitu, Anda pun bisa mendapat hasil diagnosis yang lebih akurat dari berkonsultasi dengan dokter mengenai benjolan di ketiak yang muncul.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *