Cara Menanam Bunga Sedap Malam yang Mudah


Bunga sedap malam dapat digunakan sebagai dekorasi

Menjadi salah satu tanaman hias yang mudah dirawat dan banyak yang menanamnya, bunga sedap malam meski bukan asli Indonesia. Tanaman yang berasal dari Meksiko ini mempunyai kelopak berwarna ungu dan putih. Salah satu keunikan yang menjadi daya tarik seseorang merawat tanaman ini adalah hanya mekar di malam hari.

Bunga jenis ini memiliki nama latin Polianthes tuberosa, salah satu manfaat lain dari tanaman ini adalah minyak bunganya kerap dijadikan sebagai parfum. Karena memang tanaman ini memiliki aroma harum yang khas, tetapi aroma tersebut akan lebih terasa atau tercium kepada di malam hari, hal inilah yang membuat bunga ini dinamakan sedap malam.

Menanam Bunga Sedap Malam

Untuk menanam bunga jenis ini bisa dikatakan mudah dan tidak sulit untuk dilakukan, beberapa properti seperti pot dan polybag bisa dimanfaatkan untuk menanam bunga ini. Namun, meski terbilang mudah, menanam bunga ini juga tidak boleh asal-asalan. Berikut beberapa cara mudah untuk menanam bunga ini.

  • Syarat Bisa Tumbuh

Sebelum memasuki tahap awal penanaman, seseorang harus mengerti dahulu mengenai kondisi lingkungan yang ideal untuk menanam bunga ini. Bunga yang termasuk kategori tanaman hias ini sebenarnya tak terlalu butuh perawatan signifikan atau khusus mengenai tempat atau lingkungan pertumbuhannya.

Meski demikian, lingkungan yang tepat dapat membantu pertumbuhan tanaman hias ini bisa tumbuh dengan baik, rimbun hingga sempurna. Beberapa syarat untuk bunga ini dapat tumbuh di antaranya seperti, tumbuh paling baik di dataran rendah dengan ketinggian 600 hingga 1500 mdpl, keasaman tanah atau pH 5 hingga 5,7 dengan suhu udara 13 sampai 27 derajat celcius.

  • Pemilihan Bibit

Pemilihan bibir merupakan tahap pertama dalam menanam bunga jenis ini, bibit bunga yang terbaik berupa umbi, agar nantinya tanaman tumbuh lebih banyak nantinya. Seseorang yang ingin menanam bunga ini bisa memilih umbi dari tanaman yang sudah tua, setidaknya berusia 1,5 tahun dengan tinggi satu hingga dua centimeter.

Setelah itu pastikan umbi tidak memiliki goresan sedikit pun, kemudian lakukan beberapa langkah yang mudah yang seharusnya dilakukan untuk menanam bunga ini. Seperti ambil umbi dari tanaman bunga, lalu potong akar-akar pada umbi tersebut, setelah itu dikeringkan hingga tiga sampai empat minggu, kemudian simpan bibit selama satu bulan penuh.

  • Persiapan Media Tanam

Setelah umbi siap ditanam, langkah yang seharusnya dilakukan adalah menyiapkan media tanam seperti pot atau polybag. Media tanam yang dibutuhkan sedap malam termasuk dalam kategori sederhana, hanya perlu menyiapkan campuran tanah, arang sekam hingga pupuk dengan perbandingan 1:1:1.

Jika media tanam sudah tercampur dengan rata, baru masukkan ke dalam wadah tanam dengan memastikan wadah yang digunakan memiliki lubang-lubang kecil di bawah sebagai drainase. Langkah ini penting ini harus dilakukan untuk mengurangi risiko akar tanaman membusuk akibat terendam air.

  • Penanaman Bibit

Cara yang dipakai untuk memindahkan bibit sudah siap tanam adalah dengan membuat lubang sedalam lima cm pada media tanam. Setelah itu masukkan umbi sedap malam dan tutup kembali ke lubang. Seseorang harus memastikan tanah sudah padat, kemudian siram dengan menggunakan air secukupnya.

Lakukan penyiraman secara teratur agar umbi bisa dengan cepat bertunas. Kemudian letakkan pot di tempat yang terkena sinar matahari. Tanaman bunga sedap malam sangat membutuhkan air, terutama di fase awal pertumbuhannya. Hal inilah yang membuat penyiraman harus diperhatikan dengan teliti, lakukan dua kali setiap sehari.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *