Cara Perawatan Mata Buram


Mengatasi penyebab mata buram antara lain dengan mengonsumsi wortel, terapi lilin, dan daun sirih.

Penyebab mata buram bisa dikarenakan berbagai penyakit atau cacat mata yang diakibatkan dari benda asing hingga infeksi atau disebabkan usia lanjut seseorang. Penderita akan mengalami gejala berat seperti kesulitan melihat disertai dengan rasa sakit bahkan hingga kelihatan penglihatan sepenuhnya.

Jika seseorang sudah dalam kondisi tersebut, satu-satunya jalan untuk menanganinya hanya dengan menggunakan pertolongan medis. Namun demikian, penyebab paling umum seseorang mengalami penglihatan kabur adalah karena adanya kesalahan bias, myopia, hyperopia dan presbiopia, lantas bagaimana cara perawatan mata dalam kondisi tersebut.

Penyebab Mata Buram

  • Infeksi Mata

Infeksi mata bisa terjadi karena adanya bakteri, jamur, dan virus lain yang menyerang bagian mata. Senyawa tersebut bisa menyebabkan berbagai macam penyakit mata lain, seperti mata berair, pembengkakan, nyeri hingga penglihatan menjadi kabur.

  • Mata Kering

Mata kering bisa menjadi masalah besar ketika dibiarkan begitu saja dan berangsur-angsur, dalam waktu tertentu kornea seperti tidak dilumasi sebagai seharusnya. Kondisi itu bisa disebabkan karena beberapa keadaan, seperti ketegangan mata, pengaruh obat-obatan atau kondisi medis lain, seseorang hanya perlu menggunakan obat tetes untuk mengatasinya

  • Migrain

Perlu diketahui untuk tidak menyepelekan migrain atau sakit kepala sebelah, kondisi ini bila dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan penglihatan seseorang terpengaruh, meski demikian kondisi ini hanya dialami oleh sebagian orang dalam jangka waktu yang pendek.

  • Retinitis Pigmentosa

Merupakan kondisi di mana munculnya kelainan genetik langka yang membuat rusaknya sel retina atau jaringan tipis yang terdapat di bagian belakang mata. Keadaan ini bisa membuat seseorang kesulitan melihat di waktu malam hari bahkan hingga membuat hilangnya penglihatan perifer.

Cara Merawat

  • Konsumsi Wortel

Cara pertama yang bisa digunakan untuk merawat mata buram adalah dengan mengonsumsi wortel secara rutin. Bukan menjadi rahasia umum jika wortel menjadi rekomendasi banyak orang untuk dikonsumsi jika seseorang memiliki masalah dengan mata.

Hal ini dikarenakan wortel mempunyai kandungan beta karoten yang sangat diperlukan tubuh untuk dapat memproduksi vitamin A. Seperti yang diketahui bersama bahwa vitamin A merupakan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan mata.

  • Terapi Lilin

Mungkin terdengar asing bagi sebagian masyarakat awam, terapi lilin dilakukan dengan cara menatap lilin yang menyala dan tanpa berkedip selama beberapa menit. Lakukan metode itu hingga mata mengeluarkan air mata, jika sudah muncul air mata itu menjadi tanda bahwa terapi ini selesai, lakukan secara rutin di hari berikutnya.

  • Daun Sirih

Daun sirih terbukti mampu membantu menyembuhkan miopia, jenis tumbuhan yang satu ini merupakan bahan yang kaya akan minyak esensial. Di antaranya seperti sineol, eugenol, kadinen dan kavikol. 

Minyak esensial yang terdapat di dalam daun sirih juga mengandung zat samak, gula, pati, dan seskuiterpen. Kavikol berfungsi sebagai kandungan yang mampu untuk membunuh bakteri, jamur dan juga sebagai antioksidan.

Cara yang harus dilakukan sangat mudah, hanya dengan menempelkan daun sirih yang sebelumnya sudah dicuci bersih pada mata sesaat sebelum tidur di malam hari dan lepas pada pagi harinya. Bisa juga dengan merendam mata di dalam air rendaman daun sirih.

Penyebab mata buram dapat diatasi dengan menjaga mata sebagai bagian terpenting dari kesehatan indra penglihatan tersebut. Hal ini tidak hanya berlaku untuk orang dengan kondisi penglihatan yang kurang sehat, tetapi juga untuk masyarakat yang kondisi matanya dalam keadaan sehat.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *