Dapatkan Manfaat Kesehatan Dengan Cara Memakai Minyak Zaitun


Minyak zaitun merupakan komponen utama diet Mediterania. Minyak ini kaya kandungan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang dapat mengakibatkan berbagai macam kondisi gangguan kesehatan dan penyakit. Minyak zaitun ekstra virgin memiliki rasa yang pahit, namun minyak jenis ini memiliki antioksidan yang jauh lebih banyak daripada minyak zaitun jenis lain. Artikel ini akan membahas manfaat kesehatan apa saja yang bisa Anda dapatkan dengan cara memakai minyak zaitun.

Manfaat minyak zaitun

Para peneliti setuju bahwa minyak zaitun, terutama jenis ekstra virgin, baik untuk kesehatan. Hanya dengan cara memakai minyak zaitun, penelitian ilmiah menyatakan bahwa Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan berikut ini.

  • Kaya kandungan lemak tak jenuh tunggal yang sehat

Minyak zaitun adalah lemak yang diekstrak secara alami dari buah zaitun. Sekitar 14% minyak merupakan lemak jenuh, dengan 11%-nya adalah lemak tak jenuh jamak, seperti asam lemak omega-6 dan omega-3. Namun, kebanyakan asam lemak di dalam minyak zaitun adalah lemak tak jenuh tunggal yang bernama asam oleic, yang mengisi sekitar 73% kandungan minyak total. Penelitian menyatakan bahwa asam oleic dapat mengurangi peradangan dan memiliki efek bermanfaat dalam mengatasi gen yang berhubungan dengan kanker. Lemak tak jenuh tunggal juga cukup resisten terhadap panas, sehingga membuat minyak zaitun pilihan yang sehat digunakan saat memasak.

  • Mengandung antioksidan dalam jumlah besar

Minyak zaitun ekstra virgin mengandung banyak nutrisi. Selain asam lemaknya yang menyehatkan, minyak zaitun juga mengandung vitamin E dan K, serta antioksidan yang kuat. Antioksidan tersebut aktif secara biologis, dan dapat mengurangi risiko penyakit kronis. Antioksidan juga dapat melawan peradangan dan membantu melindungi kolesterol darah dari oksidasi, dua manfaat yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

  • Sifat anti-peradangan yang kuat

Peradangan kronis dianggap sebagai penyebab berbagai penyakit serius, seperti kanker, penyakit jantung, sindrom metabolisme, diabetes tipe 2, Alzheimer, arthritis, dan obesitas. Minyak zaitun ekstra virgin dapat mengurangi peradangan akibat kandungan antioksidannya yang tinggi. Salah satu antioksidan tersebut adalah oleocanthal, yang bekerja mirip seperti ibuprofen, sebuah obat anti-peradangan. Beberapa peneliti memperkirakan bahwa oleocanthal dalam 150 ml minyak zaitun ekstra virgin memiliki efek yang sama dengan 10% dosis ibuprofen untuk orang dewasa. Penelitian juga menunjukkan bahwa asam oleic, asam lemak utama dalam minyak zaitun, dapat mengurangi level penanda peradangan seperti protein reaktif-C (CRP). Sebuah studi menunjukkan bahwa antioksidan pada minyak zaitun dapat menghambat gen dan protein yang menyebabkan peradangan.

  • Dapat membantu mencegah stroke

Stroke disebabkan oleh ganggaun aliran darah ke otak, akibat pendarahan ataupun penyumbatan darah. Dalam negara yang berkembang, stroke merupakan penyebab kematian kedua terbesar setelah penyakit jantung. Hubungan antara minyak zaitun dan risiko stroke telah dipelajari secara ekstensif. Sebuah tinjaun besar dalam penelitian pada 841ribu orang menemukan bahwa minyak zaitun merupakna satu-satunya sumber lemak tak jenuh tunggal yang dihubungkan dengan menurunnya risiko stroke dan penyakit jantung. Dalam tinjauan lain pada 140 peserta, mereka yang mengonsumsi minyak zaitun memiliki risiko yang lebih rendah menderita stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan di atas hanya dengan cara memakai minyak zaitun. Pilihlah minyak zaitun ekstra virgin karena kandungan antioksidannya yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis lain. Antioksidan tersebut memerankan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung, otak, persendian, dan bagian tubuh lain.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *