Inilah Manfaat Kesehatan dari Kayu Manis yang Perlu Anda Ketahui


Selain beraroma harum, kayu manis ternyata memiliki rasa yang enak dan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Meski terbukti mengandung banyak manfaat, namun belum banyak orang yang tahu tentang kayu manis dan manfaatnya. Oleh karena itu, kenali lebih jauh tentang apa itu kayu manis dan berbagai macam kandungan baiknya.

Apa itu Kayu Manis?

Kayu manis merupakan kulit kering dari tumbuhan yang bernama verum cinnamomum. Disebut sebagai kayu manis karena kulit kayu yang banyak dimanfaatkan sebagai rempah-rempah ini memiliki bau yang harum. Selain dijadikan rempah-rempah, kayu manis juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Apa sajakah itu?

Manfaat Kesehatan Kayu Manis

Satu sendok teh bubuk kayu manis mengandung enam kalori, tetapi dapat memenuhi kebutuhan pangan harian. Selain itu, kandungan mineralnya bermanfaat untuk mengaktifkan enzim utama di seluruh bagian tubuh. Kayu manis juga mengandung polifenol aktif yang mirip dengan yang ditemukan dalam teh.

Richard A. Anderson, Ph.D., CNS, MACN, menyatakan bahwa komponen dari kayu manis berfungsi sebagai insulin yang berpotensi sebagai antioksidan dan agen antiinflamasi.

Salah satu manfaat paling terkenal dari kayu manis adalah perannya dalam mengurangi gula darah. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Nutrition and Dietetics, orang-orang yang menambahkan kayu manis ke dalam menu sarapan memiliki tingkat gula darah rendah. Karena setelah mengonsumsi kayu manis, gula darah berkurang dua jam kemudian dibandingkan mereka yang makan makanan tanpa kayu manis.

Kayu manis juga dapat memperbaiki kognitif seseorang. Hal itu telah dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Research. Peneliti menemukan ada efek positif lain pada orang-orang yang memiliki gula darah tinggi. Yaitu dengan mengonsumsi kayu manis mereka akan memiliki memori kerja yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

Sementara itu, dalam sebuah penelitian di Journal of Clinical & Diagnostic Research, sejumlah kecil kayu manis (kurang dari seperempat sendok teh) bekerja lebih baik untuk menghilangkan kram saat menstruasi.

Cara Menggunakan Kayu Manis

Kayu manis punya fleksibilitas dalam hal rasa. Holley Grainger, MS, RD, ahli diet yang berbasis di Birmingham, Alabama melakukan penelitian tentang ini. Ia mengatakan bahwa kayu manis memiliki fleksibilitas pada hidangan manis dan gurih. Sehingga membuatnya menjadi salah satu rempah-rempah yang paling disukai dan umum digunakan.

Untuk mengonsumsinya, Anda bisa menambahkan sedikit kayu manis ke dalam air jeruk atau teh pada pagi hari. Bisa juga menaburkannya pada apel atau pir yang baru diiris dan sajikan dengan sereal atau keju untuk menambahkan rasa tanpa gula.

Untuk masakan yang gurih, rebuslah seluruh batang kayu manis dalam hidangan daging yang direbus atau bolognaise daging sapi untuk meningkatkan rasa. Tambahkan kayu manis ke dalam kari untuk menambah cita rasa.

Anda juga bisa mengikuti resep berikut ini untuk olahan kayu manis yang sedikit berbeda:

Kacang-kacangan kayu manis

Bahan:

2 cangkir almond mentah

1 1/2 sendok teh kayu manis

1/4 sendok teh bubuk cabai

1 sendok teh garam laut

3 sendok makan madu

1 sendok makan minyak zaitun

Langkah-langkah:

1. Campur kayu manis, bubuk cabe, dan garam dalam mangkuk besar.

2. Masukkan madu dan minyak, lalu aduk dengan kacang untuk melapisi. 3. Panggang di atas kertas perkamen atau lembaran kue pada suhu 350 derajat selama 15-20 menit, aduk sesekali. Selamat mencoba

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *