Jangan Disepelekan, Berikut Pentingnya Cek Golongan Darah


Darah merupakan salah satu elemen terpenting dalam tubuh manusia. Beragam fungsi vital dilakukan oleh darah, seperti mengangkut oksigen yang diperlukan oleh sel-sel di seluruh tubuh, menyuplai jaringan tubuh dengan nutrisi, mengangkut zat-zat sisa metabolisme, dan mengandung berbagai bahan penyusun sistem imun yang bertujuan mempertahankan tubuh dari berbagai penyakit. Hormon-hormon dari sistem endokrin juga diedarkan melalui darah. Dalam perjalanannya, darah terbagi-bagi dalam suatu penggolongan berdasarkan kandungannya. Lantaran mengetahui golongan darah amat penting, timbullah metode untuk cek golongan darah.

Sebagaimana telah dijelaskan di awal, mengetahui golongan darah menjadi penting terkait dengan kebutuhan medis yang mungkin Anda perlukan suatu saat nanti. Hingga kini, ada empat macam golongan darah, yakni A, B, AB, dan O. Pada pelaksanaannya, cek golongan darah dapat dilakukan dengan beragam metode. Umumnya, cek golongan darah dilakukan di laboratorium atau dengan bantuan tenaga medis.

Nah, sebenarnya seberapa penting, sih, seseorang melakukan cek golongan darah? Berikut ulasan lengkapnya:

  1. Transfusi dan Donor Darah

Tidak ada yang pernah tahu apa yang akan terjadi pada kita, termasuk kemungkinan mengalami suatu keadaan gawat darurat seperti kecelakaan atau hal-hal lainnya yang menyebabkan seseorang kehilangan banyak darah.

Seburuk apa pun kondisinya, dengan mengetahui golongan darah sendiri maka pihak rumah sakit bisa dengan cepat memberikan transfusi darah yang sesuai. Begitu juga sebaliknya, dengan mengetahui golongan darah, seseorang dapat melakukan transfusi atau mendonorkan darahnya kepada orang lain yang membutuhkan.

  • Persiapan Reproduksi

Saat Anda dan pasangan berencana untuk memiliki anak, maka golongan darah menjadi hal yang perlu diperhatikan. Ini didasari fakta medis bahwa ada beberapa tipe golongan darah yang jika dicampur akan memberikan masalah bagi anak. Sehingga perlu dilakukan serangkaian metode untuk mengurangi risiko tersebut. Caranya tentu saja dokter harus mengetahui terlebih dahulu golongan darah masing-masing.

  • Diet Makanan

Ada beberapa tipe golongan darah yang rentan terhadap sejumlah penyakit seperti diabetes dan jantung. Dengan mengetahui golongan darah, Anda bisa menghindari makanan-makanan yang berpotensi menyebabkan penyakit-penyakit tersebut.

  • Risiko Penyakit

Beda golongan darah, beda risiko penyakit yang mungkin dialami. Menurut penelitian, wanita dengan golongan darah O cenderung memiliki ovarium yang posisinya lebih rendah di dalam Rahim sehingga berpotensi mengganggu kesuburan.

Sementara itu, orang dengan golongan darah A, B, dan AB rentan terhadap penyakit-penyakit kardiovaskular seperti jantung.

  • Mempengaruhi Kepribadian

Setiap golongan darah dilengkapi dengan dna yang menentukan kepribadian seseorang. Misalnya, orang bergolongan darah A cenderung artistik dan tenang. Sementara orang dengan golongan darah O mudah bersosialisasi, percaya diri dan kreatif. Lain lagi dengan orang bergolongan darah B, mereka diyakini memiliki kepribadiaan yang mandiri dan tangguh. Adapun orang dengan golongan darah AB cenderung pemalu tapi peduli dan bertangung jawab.

  • Risiko Buncit

Jenis golongan darah O lebih cepat membangun lemak di perut dibandingkan golongan darah lainnya. Mengetahui bahwa Anda bergolongan darah O dapat mencegah Anda dari risiko buncit dengan menjalani pola hidup sehat.

  • Respons Terhadap stres

Orang yang bergolongan darah O lebih rentan mengalami stres ketimbang orang dengan golongan darah lainnya. Dengan mengetahui golongan darah, maka Anda bisa menemukan cara terbaik untuk bersantai dan menghindari stres.

***

Setelah mengetahui seberapa pentingnya cek golongan darah, lantas, sudahkah Anda mengetahui golongan darah Anda? Jika belum, jangan ragu untuk melakukan cek golongan darah di laboratorium atau meminta bantuan tenaga medis di sekitar Anda.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *