Ketumbar Bisa Atasi Berbagai Penyakit Ini, Benarkah?


Ketumbar merupakan satu jenis rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu dapur. Berbagai masakan, mulai tempe goreng sampai berbagai masakan berkuah menjadi lebih sedap setelah diberi ketumbar, yang di luar negeri dikenal dengan coriander, Chinese parsley, dan cilantro ini.

Tumbuhan dengan nama latin Coriandrum sativum ini juga memiliki sederet manfaat kesehatan. Rendaman biji ketumbar bisa mengurangi gejala berbagai penyakit berikut:

1. Mengurangi diabetes

Biji ketumbar diyakini dapat menjaga kadar glukosa darah. Sebab, memiliki efek yang merangsang kelenjar endokrin, yang berfungsi meningkatkan insulin dalam darah dengan meningkatkan insulin di pankreas. Proses ini membantu pengolahan gula menjadi energi dan menurunkan kadar gula darah.

Berbagai penelitian menunjukkan sifat anti-lipid (lemak) dan anti-diabetes dalam ketumbar. Selain itu, diketahui bahwa ketumbar memiliki sifat antibakteri, antijamur, antioksidan, dan antiradang.

2. Mengurangi osteoporosis

Biji ketumbar mengandung vitamin A, riboflavin, niacin, asam folat, vitamin C, vitamin K, kalsium dan karoten. Zat-zat ini sangat bermanfaat untuk kesehatan persendian dan mencegah osteoporosis.

3. Mengatasi masalah mata

Penelitian mendapati kandungan antioksidan yang tinggi dalam biji ketumbar sangat berguna untuk mengobati mata merah dan masalah lain pada mata. Caranya dengan merebus biji ketumbar, lalu dinginkan sampai suhu kamar. Infeksi mata juga bisa berkurang dengan mencuci mata dengan air rebusan ketumbar.

4. Mencegah arthritis dan rematik

Biji ketumbar punya senyawa seperti asam linoleat yang merupakan pereda rematik dan dan cineole yang memiliki efek anti radang.

5. Mengurangi sakit perut saat menstruasi

Sakit perut saat menstruasi dapat diredam dengan biji ketumbar. Caranya, minum air rendaman biji ketumbar. Dapat dicampur gula.

6. Meminimalisir kadar kolesterol jahat

Biji ketumbar dapat membantu penurunan kadar kolesterol jahat (LDL), tanpa mempengaruhi kolesterol baik (HDL). Kandungan nutrisinya, seperti asam oleat, asam linoleat, asam palmitat, asam askorbat (vitamin C), dan asam stearat sangat efektif mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Efek ini juga membantu kesehatan jantung.

Sayangnya, belum ada penelitian yang cukup mengenai cara kerja tanaman herbal ini. Sebaiknya, Anda berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal untuk mendapatkan dosis dan cara konsumsi ketumbar yang tepat untuk mengatasi masalah kesehatan. Patut diingat, meski memiliki segudang manfaat, tanaman herbal ini juga dapat menimbulkan efek samping, seperti mual dan muntah, sakit kepala, sakit perut, anoreksia, reaksi alergi dan hipersensitivitas.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *