Manfaat Air Hidrogen untuk Kesehatan


manfaat air hidrogen

Air hidrogen adalah air murni dengan molekul hidrogen ekstra yang ditambahkan ke dalamnya. Pembuatan air minum ini dilakukan melalui proses elektrolisis, di mana ikatan oksigen dan hidrogen dalam air dipecah menggunakan arus listrik sebelum ditambahkan hidrogen ekstra. Manfaat Air hidrogen dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan yang lebih baik daripada air biasa. 

Para ahli menganggap tubuh manusia tidak bisa menyerap hidrogen dalam air biasa secara efektif karena terikat pada oksigen. Akan tetapi, dengan menambahkan molekul hidrogen ekstra, membuat tubuh semakin mudah menyerapnya. Meski penelitian tentang manfaat air hidrogen masih terbatas, beberapa uji coba kecil memberikan hasil yang menjanjikan. Beberapa manfaat air hidrogen untuk kesehatan:

  • Melawan radikal bebas

Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif yang memicu terjadinya penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, stroke, diabetes, osteoporosis, dan lainnya. Molekul hidrogen dapat membantu melawan radikal bebas dan melindungi tubuh dari stres oksidatif. 

Sebuah studi selama 8 minggu yang melibatkan 49 pasien terapi radiasi kanker hati diminta untuk meminum 1.500-2.000 ml air hidrogen per hari. Di akhir uji coba, peserta yang mengonsumsi air tersebut mengalami penurunan tanda stres oksidatif dan dapat mempertahankan aktivitas antioksidan. Meski demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian mengenai manfaat ini.

  • Meningkatkan performa fisik

Air hidrogen dipercaya dapat meningkatkan performa fisik, terutama bagi para atlet dan orang yang ingin meningkatkan rutinitas olahraga. Air ini dapat mengurangi peradangan dan memperlambat akumulasi laktat dalam darah yang menjadi tanda kelelahan otot. 

Studi yang melibatkan 10 pemain sepak bola menemukan bahwa peserta yang minum 1.500 ml air hidrogen mengalami penurunan laktat darah dan kelelahan otot setelah latihan, jika dibandingkan dengan kelompok plasebo. 

  • Memuaskan dahaga

Minum air hidrogen secara teratur adalah cara paling efektif untuk meningkatkan asupan hidrogen pada tubuh. Unsur kimia tersebut bahkan jauh lebih efektif dalam meningkatkan tingkat hidrasi dalam tubuh dibandingkan dengan minum air kemasan biasa. Bahkan, hampir enam kali lebih efektif untuk memuaskan dahaga Anda.

  • Mengatasi sindrom metabolik

Sindrom metabolik adalah sekelompok gangguan kesehatan yang ditandai dengan gula darah tinggi, kolesterol tinggi, meningkatnya trigliserida, dan lemak perut berlebih. Air hidrogen dipercaya dapat mengatasi sindrom metabolik ini. 

Sebuah studi yang dilakukan selama 10 minggu menginstruksikan 20 orang dengan tanda-tanda sindrom metabolik untuk mengonsumsi 0,9-1 liter air hidrogen per hari. Di akhir uji coba, peserta mengalami penurunan kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol total, peningkatan kolesterol baik (HDL), serta penurunan penanda peradangan.

  • Menjaga fungsi otak

Air hidrogen dapat membantu otak berfungsi dengan lebih optimal. Ini berarti bahwa daya ingat, kewaspadaan dan fokus akan mengalami peningkatan. Sementara itu, kebingungan atau linglung menjadi sangat berkurang.

  • Menghidrasi kulit

Air hidrogen merupakan pilihan yang paling efektif untuk melembapkan tubuh dan menjaga kulit agar tampak segar dan sehat. Minum air yang kaya hidrogen juga dapat membantu tubuh mengeluarkan lebih banyak limbah metabolisme asam dan menunda proses penuaan.

  • Agen penuaan

Air hidrogen berpotensi memperlambat perkembangan keriput secara signifikan. Ini karena peningkatan hidrogen dalam air memiliki efek positif menekan spesies oksigen reaktif, yang akan menguntungkan sifat antipenuaan pada tubuh.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *