Mengenal Fungsi Penting HFIS BPJS Kesehatan


Sudah pernah mendengar istilah HFIS BPJS Kesehatan? Sebenarnya istilah ini sudah mulai didengungkan dan dioperasikan sejak taun 2018. HFIS BPJS Kesehatan yang merupakan singkatan dari Health Facilities Information System BPJS Kesehatan sendiri merupakan aplikasi yang berisi berbagai data kebutuhan medis yang diperlukan oleh pihak penyelenggara kesehatan tingkat pertama dan khususnya oleh peserta BPJS.

Data-data dalam HFIS menjadi sangat penting mengingat banyaknya fasilitas kesehatan yang kini sudah bekerja sama sebagai mitra BPJS Kesehatan. Sebagai informasi, sampai akhir Juni 2020 saja terdapat 27.055 fasilitas kesehatan yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Di mana di dalamnya termasuk ada 2.296 rumah sakit baik negeri maupun swasta yang merupakan fasilitas kesehatan rujukan.

Data-data yang ada dalam HFIS Kesehatan mengenai ribuan fasilitas kesehatan yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan tersebut memberi banyak fungsi dan manfaat bagi pasien maupun antarmitra BPJS. Berikut ini adalah beberapa informasi penting yang bisa Anda peroleh ketika mengakses aplikasi HFIS BPJS Kesehatan.

  1. Faskes Terdekat

Penyakit bisa hadir kapan saja tanpa pemberitahuan. Dalam kartu BPJS Kesehatan tiap peserta memang terdapat data fasilitas kesehatan tingkat pertama yang bisa didatangi jika Anda mengalami keluhan kesehatan. Akan tetapi, bagaimana jika keluhan kesehatan tersebut justru hadir saat Anda sedang bepergian? Lebih gawatnya lagi, bagaimana jika kondisi keluhan yang Anda alami cukup parah?

Dengan mengakses HFIS Kesehatan, Anda bisa mengetahui faskes terdekat yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk bisa memperoleh layanan kesehatan yang Anda butuhkan. Aplikasi ini bisa memonitor keberadaan Anda lewat GPS kemudian mengarahkan Anda ke faskes yang dari segi jarak paling dekat dengan lokasi Anda.

  • Rujukan Tertepat

Ketika keluhan kesehatan yang Anda alami tidak bisa ditangani oleh faskes tingkat pertama, pihak medis umumnya akan memberikan rujukan untuk Anda bisa berobat di faskes tingkat lanjutan. Dengan aplikasi HFIS Kesehatan, baik Anda sebagai pasien maupun tim medis sebagai penyelenggara layanan kesehatan bisa memperoleh kemudahan untuk mencari faskes rujukan yang terbaik.

Tim medis dari faskes pertama bisa memilihkan faskes rujukan yang mengakomodasi kebutuhan sarana dan prasarana yang Anda butuhkan sebagai pasien. Anda sebagai pasien juga bisa memilih faskes yang sudah sesuai fasilitasnya, berikut mencari faskes yang tidak terlalu mengantre agar proses pengobatan lebih efektif dan efisien.

  • Transparansi Kamar

Masalah kamar kerap menjadi persoalan klasik bagi peserta BPJS Kesehatan. Persoalannya, pasien kerap kali dihadapkan pada kebutuhan kamar yang tidak ada sebab seluruh ruangan yang sesuai dengan klasifikasi BPJS Kesehatan sedang penuh. Kecurigaan pun timbul bahwa ada diskriminasi perlakuan dari antara faskes mitra tersebut terhadap pasien BPJS dan pasien mandiri.

Dengan HFIS BPJS Kesehatan, masalah tidak transparannya kondisi kamar di faskes bisa diselesaikan. Terdapat data secara real time mengenai kamar inap yang tersedia di tiap faskes. Tidak hanya itu, data mengenai kamar lain, seperti ruang UGD sampai ICU juga terpampang dalam aplikasi kesehatan besutan BPJS Kesehatan ini.

***

Berbagai fungsi di atas membuat layanan kesehatan yang bisa pasien BPJS Kesehatan peroleh menjadi lebih cepat dan nyaman. Selain bagi peserta, HFIS BPJS Kesehatan juga berguna bagi pihak faskes guna terus memutakhirkan data mengenai tempatnya, seperti data petugas medis, data kamar, sampai data jenis layanan yang bisa diberikan. Jadi mulai sekarang, mulai menjadi peserta cerdas dengan menggunakan HFIS BPJS Kesehatan, yuk!

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *