Menggunakan Whitening Body Cream Apakah Aman dan Bermanfaat?


Menggunakan produk-produk pemutih, atau biasa disebut degan metode skin bleaching, marak dilakukan saat ini. Kaum hawa ingin memiliki kulit tubuh yang putih, cerah, lembut, dan berseri alami. Produk-produk seperti whitening body cream, sabun, pil, dan bahkan perawatan kulit profesional seperti terapi laser dan “chemical peels” digunakan agar kulit tampak cantic sempurna. Tidak ada manfaat kesehatan yang didapatkan dengan menggunakan produk-produk pemutih kulit tersebut.

Tujuan utama penggunaan hanya sebatas unsur estetika, menyamarkan noda hitam pada kulit dan membuat daerah kulit berwarna gelap menjadi lebih cerah dan rata. Hasil yang memuaskan setelah menggunakan produk-produk pemutuh tersebut pun belum tentu efektif di dapatkan. Dalam beberapa kasus, penggunaan produk pemutih yang mengandung bahan kimia berbahaya malah memberikan efek samping kesehatan yang serius dan komplikasi. Dari sudut pandang medis, memutihkan kulit tidak perlu dilakukan. Namun, apabila Anda ingin melakukannya, pahamilah risiko yang dapat terjadi apabila Anda sembarangan memakai produk pemutih berbahaya.

Produk-produk pemutih kulit seperti whitening body cream, sabun wajah, masker wajah, dan lotion bekerja dengan cara mengurangi produksi melanin di dalam kulit. Melanin adalah sebuah pigmen yang diproduksi oleh sel-sel yang disebut melanosit. Jumlah melanin yang ada di dalam tubuh Anda biasanya ditentukan oleh faktor genetik atau keturunan. Orang-orang dengan kulit berwarna gelap memiliki melanin dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang berkulit putih. Hormon, paparan sinar matahari, dan bahan-bahan kimia tertentu juga dapat mempengaruhi produksi melanin di dalam kulit. Saat Anda mengoleskan produk pemutih seperti whitening body cream, sabun wajah, masker, ataupun losen ke kulit, produk tersebut akan mengurangi jumlah melanosit yang ada di kulit. Hasil dari pemakaian produk pemutih tersebut adalah kulit yang tampak lebih cerah dan rata.

Manfaat menggunakan produk pemutih

Dari segi medis atau kesehatan tubuh, tidak ada manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan produk-produk pemutih kulit. Namun, efek kosmetik atau estetika yang diinginkan (misalnya memiliki kulit wajah yang putih dan cerah) bisa didapatkan dengan menggunakan produk pemutih tersebut secara rutin. Produk pemutih kulit juga dapat digunakan untuk merawat beberapa kondisi gangguan kulit.

  • Meminimalisir noda hitam pada wajah

Menggunakan produk pemutih seperti whitening body cream, sabun wajah, lotion, dan sabun dapat mengurangi noda-noda hitam di wajah yang disebabkan oleh kerusakan akibat paparan sinar matahari berbahaya, penuaan, dan juga perubahan hormon. Produk-produk pemutih tersebut dapat bermanfaat bagi mereka yang ingin meminimalisir perubahan warna yang terjadi pada kulit, misalnya tanda-tanda penuaan, noda akibat sinar matahari, melasma, bitnik-bintik hitam pada wajah, serta eczema dan psoriasis.

  • Mengurangi tampilan bekas jerawat

Beberapa perawatan menggunakan produk pemutih dapat membantu membuat bekas atau tanda jerawat memudar. Produk-produk pemutih kulit tidak akan membantu menyembuhkan peradangan aktif dan tanda-tanda jerawat. Produk tersebut bekerja dengan cara memudarkan daerah yang berwarna merah atau gelap setelah jerawat sembuh.

  • Meratakan warna kulit

Produk pemutih kulit juga dapat meratakan warna kulit atau meminimalisir hiperpigmentasi akibat rusaknya kulit karena paparan sinar matahari. Produk-produk tersebut juga dapat menyamarkan tampilan bitnik-bintik kulit.

Menggunakan produk pemutih seperti whitening body cream merupakan pilihan pribadi. Meskipun demikian, jangan anggap remeh produk pemutih. Pilihlah whitening body cream yang aman dan terbuat dari bahan-bahan alami agar Anda terhindar dari efek samping atau komplikasi serius di kemudian hari.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *