Muncul Bruntusan di Tangan, Bagaimana Cara Menyembuhkannya?


Berbagai masalah kulit sering muncul, salah satunya adalah bruntusan. Biasanya bruntusan muncul di kulit wajah dan tangan. Meski tidak berbahaya, bruntusan seringkali membuat tidak nyaman bahkan dapat mengganggu aktivitas sehar-hari. Penyebab bruntusan cukup beragam. Bruntusan di tangan sendiri dapat disembuhkan asal menggunakan penanganan yang tepat. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Penyebab bruntusan di tangan

Bruntusan di tangan dapat muncul karena beberapa sebab seperti iritasi atau gigitan serangga. Selain kedua hal tersebut, masih terdapat berbagai penyebab lain munculnya bruntusan di tangan. Berikut 7 penyebab bruntusan di tangan yang sebaiknya Anda ketahui.  

  • Gigitan serangga

Penyebab yang cukup umum menyebabkan terjadinya bruntusan di tangan yaitu gigitan serangga jenis tertentu. Bruntusan di tangan akan disertai dengan ruam kemerahan dan rasa gatal.

  • Biang keringat

Biang keringat terjadi akibat adanya sumbatan pori-pori yang kemudian memunculkan bruntusan di tangan. Biang keringat seringkali menjadi penyebab bruntusan di tangan pada bayi. Bruntusan di tangan akibat biang keringat biasanya akan terasa gatal.

  • Iritasi kulit dan alergi

Penyebab bruntusan di tangan lainnya adalah iritasi kulit dan alergi terhadap sesuatu. Pemicu alergi tersebut di antaranya seperti udara kering, suhu panas, lateks, terpapar zat kimia tertentu, dan lain sebagainya. Gejala yang muncul karena alergi biasanya tidak hanya bruntusan di tangan saja namun juga disertai dengan ruam merah, rasa gatal dan perih, hingga sensasi terbakar.

  • Scabies

Meski cukup jarang, scabies juga dapat menyebabkan bruntusan di tangan. Scabies adalah kulit yang terinfeksi tungau di bawah lapisan kulit. Scabies dapat menular melalui kontak langsung dari kulit ke kulit.

  • Dermatitis apotik

Penyebab beruntusan di tangan lainnya adalah dermatitis atopik. Selain bruntusan, penderita dermatitis apotik akan menunjukkan gejala lain seperti kulit kemerahan, mengelupas, dan rasa gatal di tangan. Jika berbagai gejala tersebut muncul, hindari area bruntusan di tangan sebab dapat memperparah kondisi Anda.

  • Rambut tumbuh ke dalam

Rambut tumbuh ke dalam atau in grown hair dapat menyebabkan bruntusan di tangan. Rambut tumbuh ke dalam biasanya di alami oleh orang yang sering mencukur rambut di tangannya. Selain bruntusan, kondisi penyerta yang muncul yaitu bengkak di area kulit tersebut.

  • Tinea Manuum

Penyebab terakhir bruntusan di tangan yaitu infeksi jamur tinea manuum. Anda dapat terkena infeksi melalui hewan, orang, serta benda kotor seperti tanah. Bruntusan karean tine manuum biasanya akan disertai ruam dan rasa gatal.

Cara menyembuhkan bruntusan di tangan

Ketika mengalami bruntusan, Anda tidak perlu terlalu panik sebab penanganannya biasanya tidak terlalu sulit. Meski demikian, untuk menyembuhkan bruntusan di tangan, Anda perlu menyesuaikan dengan penyebabnya. Berikut ini beberapa cara untuk menyembuhkan bruntusan di tangan yang dapat Anda coba.

  • Mengompres area tangan

Mengompres dengan air dingin dapat mengurangi bruntusan di tangan akibat biang keringat, scabies, gigitan serangga, iritasi kulit, dan alergi. Sedangkan mengompres tangan dengan air hangat disarankan bagi bruntusan yang disebabkan oleh adanya rambut tumbuh ke dalam.

  • Menggunakan salep, krim, atau losion

Bruntusan di tangan yang disebabkan oleh tine manuum dapat diatasi dengan menggunakan salep antijamur. Gunakan secara tipis sesuai petunjuk yang ada. Bagi penderita bruntusan di tangan karena scabies dan biang keringat, pemberian losion calamine dapat membantu. Sedangkan krim hidrokortison bisa diberikan pada bruntusan di tangan akibat gigitan serangga. Krim kortikosteroid khusus diberikan pada penderita bruntusan akibat dermatitis atopik.  

  • Mengonsumsi obat oral

Infeksi gigitan serangga yang berkembang dapat menyebabkan bruntusan di tangan tidak bisa disembuhkan hanya menggunakan kompres air dingin dan krim hidrokortison. Anda memerlukan obat antibiotik dengan resep dokter untuk mengatasi bruntusan di tangan tersebut. Obat antihistamin juga diperlukan pada penderita bruntusan di tangan yang parah karena dermatitis atopik dan scabies.

  • Menghilangkan faktor lain

Untuk bruntusan di tangan karena biang keringat maka usahakan kulit tidak berkeringat. Jika bruntusan di tangan terjadi karena dermatitis atopik maka penting untuk menggunakan pelembab kulit dan humidifer agar udara tidak terlalu kering.

Pada beberapa kasus tertentu, bruntusan tetap tidak kunjung sembuh meski telah dilakukan pengobatan secara mandiri. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Gunakan aplikasi SehatQ untuk konsultasi mudah dan cepat dengan dokter kredibel dan terpercaya. Nantinya dokter akan membantu mengatasi bruntusan yang Anda alami agar segera hilang dan sembuh.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *