Nutrisi di Balik Manfaat Telur Rebus


Telur adalah sumber nutrisi dan protein yang baik. Makanan ini juga merupakan jenis makanan yang versatile, dalam artian dapat ditambahkan ke hidangan apapun atau di buat menjadi resep tersendiri. Salah satu cara terbaik untuk menyantap telur adalah dengan merebusnya. Telur rebus dapat dijadikan topping untuk salad dapat dimakan langsung hanya dengan menambahkan sedikit garam atau lada. Selain itu, manfaat telur rebus bagi kesehatan juga sangat melimpah. Hal ini disebabkan karena telur rebus mengandung banyak nutrisi, protein, dan lemak sehat yang baik untuk tubuh. Artikel ini akan membahas nutrisi apa saja yang terdapat di dalam telur rebus.

Manfaat telur rebus bersumber dari kekayaan nutrisi yang dimiliknya. Dalam 1 telur rebus (sekitar 50 gram) mengandung 77 kalori, 0.6 gram karbohidrat, 5.3 gram lemak total, 1.6 gram lemak jenuh, 2 gram lemak tak jenuh tunggal, 212 mg kolesterol, 6.3 gram protein, 6% RDA (asupan harian yang direkomendasikan) vitamin A, 15% RDA vtamin B2, 9% RDA vitamin B12, 7% RDA vitamin B5, 86 mg fosfor, dan 15.4 mcg selenium. Dengan nutrisi yang melimpah tersebut, telur rebus masih tergolong rendah kalori.

  • Protein berkualitas tinggi

Karena dipenuhi dengan asam amino, telur rebus merupakan sumber protein yang baik. Protein merupakan komponen yang penting dalam kesehatan, karena fungsinya untuk membentuk tulang dan otot, serta memproduksi hormon dan enzim. Telur menyediakan sekitar 6 gram protein berkualitas tinggi. Nyatanya, telur adalah sumber protein terbaik yang bisa Anda makan. Salah satu kesalahpahaman yang orang kebanyakan percaya adalah protein hanya dapat ditemukan di putih telur saja. Nyatanya, setengah dari kandungan protein berasal dari kuning telurnya. Oleh sebab itu, penting untuk mengonsumsi telur keseluruhan agar Anda bisa mendapatkan manfaat telur rebus seutuhnya.

  • Kolin

Kolin merupakan nutrisi esensial yang penting untuk fungsi tubuh. Meskipun tubuh memproduksi kolin secara alami, kuantitasnya sangat sedikit. Oleh sebab itu, Anda perlu mendapatkan asupan kolin tambahan dari diet Anda agar tidak mengidap defisiensi. Kolin merupakan nutrisi penting untuk menjaga sistem saraf agar tetap sehat dengan membantu memproduksi acetylcholine, sebuah neurotransmitter yang berhubungan dengan daya ingat dan kemampuan belajar seseorang.

Kolin sangat penting, tidak hanya untuk orang dewasa tetapi juga untuk anak-anak. Kolin dapat membantu perkembangan otak bayi dan ingatan, serta fungsi kognitif pada orang dewasa. Bagi ibu hamil, asupan kolin yang cukup dapat mengurangi risiko cacat tabung neural pada janin. Kolin banyak ditemukan di kuning telur. Satu telur rebus ukuran besar mengandung 147 mg kolin, yang mana memenuhi sekitar 27% asupan harian yang direkomendasikan.

  • Lutein dan zeaxanthin

Dua antioksidan ini penting karena peran mereka dalam menjaga kesehatan mata. Lutein dan zeaxanthing akan melawan radikal bebas yang diinduksi oleh oksigen yang dapat menumpuk di mata Anda. Kedua antioksidan ini terbukti dapat memperlambat terbentuknya katarak dan melindungi mata dari degenerasi macular yang berhubungan dengan usia (AMD). Kuning telur merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang sangat baik.

Manfaat telur rebus ada karena kandungan nutrisinya yang sangat melimpah namun rendah kalori. Telur rebus merupakan sumber vitamin B, kalsium, dan antioksidan yang sangat baik. Selain itu, meskipun mengandung kolesterol yang cukup tinggi, telar rebus tidak meningkatkan risiko penyakit jantung pada banyak orang. Tambahkan telur rebus ke dalam diet Anda dan rasakan manfaatnya.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *