Obat Cacing Alami Ternyata Ada di Sekitar Kita


Cacingan sering terjadi pada anak-anak, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa cacingan juga terjadi pada orang dewasa. Cacingan relatif umum mudah diobati dan obat cacingan dapat mudah ditemukan di apotek bahkan minimarket. Namun, beberapa orang lebih menyukai obat cacing alami karena dianggap lebih aman.

OBAT CACING ALAMI INI BISA JADI PILIHAN

Terdapat beberapa bahan alami yang dipercaya dapat mengobati cacingan yang dapat menggantikan obat cacingan seperti praziquantel, mebendazole, dan albendazole. Bahkan, tidak disangka bahwa bahan-bahan alami tersebut berada di dekat kita sehari-hari. Berikut diuraikan beberapa bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi cacingan:

  • Bawang putih dianggap memiliki kandungan antiparasit yang dapat menghilangkan telur cacing dan mencegah cacing untuk bertelur lebih banyak. Untuk mendapatkan khasiat bawang putih sebagai obat cacingan, bawang putih dapat dikonsumsi langsung atau ditambahkan ke dalam makanan.
  • Wortel kaya akan serat yang meningkatkan pergerakan usus dan juga dapat mendorong cacing keluar dari usus bila dikonsumsi. Konsumsi wortel yang sudah dicuci terlebih dahulu sebanyak dua kali sehari sebagai bahan obat cacing alami.
  • Biji labu mengandung asam amino, asam lemak, senyawa berberin, palatine, dan cucurbitacin. Dilansir dari International Journal of Molecular Sciences, kandungan senyawa ekstrak biji labu dapat melawan parasit, termasuk salah satunya cacing, secara efektif.
  • Minyak kelapa selain memiliki aktivitas antibakteri dan antivirus ternyata juga dapat memiliki aktivitas untuk melawan infeksi cacing. Untuk mendapatkan manfaat tersebut konsumsi 1 sdt minyak kelapa murni tiap pagi.
  • Pepaya bila dikonsumsi bersama madu oleh anak berusia di atas 1 tahun menyebabkan kotoran yang dikeluarkan bersih dari parasit penyebab timbulnya cacingan. Hal tersebut juga dibuktikan oleh percobaan pada tikus, yang menunjukkan bahwa biji pepaya dapat digunakan untuk mengobati cacingan.
  • Jahe memiliki senyawa yang disebut sebagai gingerol. Gingerol dapat menjaga kesehatan pencernaan dan membantu menghilangkan cacingan di dalam usus. Untuk mendapatkan manfaat tersebut jahe berukuran 2.5-5 cm dicincang, direbus dengan secangkir air selama 5 menit, dan diminum ketika sudah agak dingin.
  • Cengkeh mengandung senyawa eugenol yang memicu penghancuran parasit usus termasuk larva dan telur cacing. Dengan menambahkan 2-3 siung cengkeh ke dalam air mendidih selama 5 menit, disaring, dan diminum dengan menambahkan madu Anda dapat memetik manfaat cengkeh sebagai obat cacingan.

Tidak ada salahnya mencoba obat cacingan alami ini, tetapi perlu diingat Anda harus tetap datang ke dokter karena obat-obat alami tersebut bukanlah obat utama cacingan.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *