Pasang Behel Gigi Apa Gunanya?


Pasang behel gigi untuk merapikan susunan gigi.

Behel gigi sudah lazim banyak ditemui penggunaannya saat ini. Behel gigi merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memperbaiki kondisi gigi yang bengkok atau penuh sesak dan rahang yang tidak selaras, atau dikenal dengan istilah maloklusi. Meskipun suatu hal yang biasa saat ini, behel gigi memiliki sejarah penggunaan yang sangat panjang, bahkan penggunaannya dikenal di masa-masa kuno, seperti di Romawi dan Mesir kuno. Pasang behel gigi biasanya dilakukan saat seseorang menginjak usia remaja, namun semakin banyak pula orang dewasa yang mendapatkan kawat gigi korektif di kemudian hari. 

Pasang behel gigi menggunakan bahan khusus yang terbuat dari logam atau keramik, kawat, dan bahan yang mengikat agar bisa menempel kuat di gigi. Behel gigi memiliki beberapa tipe, dan dokter gigi akan merekomendasikan tipe yang tepat sesuai beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi Anda, seperti usia dan apakah Anda memiliki “overbite”, yaitu kondisi di mana gigi dalam susunan yang tumpang tindih (pada gigi yang bengkok). Behel gigi dibuat khusus pada setiap individunya sesuai dengan kebutuhan dan gunanya masing-masing. 

Ada beberapa jenis behel gigi sesuai dengan bentuk, bagaimana behel tersebut dipasang, dan bahan yang digunakan. Behel gigi yang paling sering dijumpai terbuat dari braket logam yang ditempelkan satu per satu pada setiap gigi Anda. Kawat yang melengkung tersebut akan memberikan tekanan pada gigi dan rahang, dan “o-ring” yang elastis akan menghubungkan kawat lengkung dengan braket. Kawat lengkung kemudian akan disesuaikan secara berkala ketika gigi mulai bergerak perlahan pada posisi dan tempat yang diinginkan, dan karet elastis diganti setiap kali pertemuan dengan dokter gigi. Selain behel gigi metal, terdapat juga tipe behel gigi lain seperti behel gigi bening keramik yang tidak terlihat, behel gigi lingual yang ditempatkan di belakang gigi, dan behel gigi tidak terlihat yang dapat dipasang dan dilepas dengan mudah. 

Tapi bagaimana cara kerja behel gigi? Behel gigi akan menggerakkan gigi dengan memberikan tekanan pada gigi secara terus menerus. Bentuk rahang Anda akan beradaptasi menyesuaikan tekanan tersebut secara bertahap. Perlu diketahui bahwa gigi tidak secara langsung tersambung dengan tulang rahang. Di bawah gusi terdapat sebuah jaringan yang dikelilingi tulang yang mengakar gigi Anda dengan rahang. Jaringan ini akan mengatur posisi gigi Anda, dan merespon tekanan yang diberikan behel pada gigi. Pasang behel gigi tidak sakit. Proses pemasangan biasanya membutuhkan waktu satu hingga dua jam. Anda mungkin akan merasakan rasa sakit pada minggu pertama behel gigi dipasang saat gigi mulai menyesuaikan posisi. Ada kemungkinan pula Anda akan merasakan rasa sakit setiap kali behel gigi disesuaikan oleh dokter gigi. 

Berapa lama harus pasang behel gigi? Jangka waktu perawatan behel gigi ini berbeda-beda dari satu orang ke orang yang lain. Umumnya, rata-rata pemakaian behel gigi hanya berkisar antara 1 hingga 3 tahun. Dengan mengikuti instruksi dan saran dari dokter gigi Anda, Anda dapat yakin bahwa Anda hanya akan memakai behel gigi dalam waktu yang paling pendek. Behel gigi bekerja dengan cara memberikan tekanan pada rahang untuk mengubah posisi gigi. Memiliki gigi yang rata dan rahang yang selaras tidak hanya akan membuat penampilan Anda menjadi lebih menarik, tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh. Behel bekerja dengan perlahan dan perawatan berbeda-beda dari satu orang ke orang yang lain.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *