Pelajari Kandungan Moisturizer yang Tepat untuk Kulit


Moisturizer merupakan komponen penting untuk menjaga kesehatan dan keremajaan kulit. Kandungan moisturizer apa saja yang perlu Anda perhatikan dalam memilih produk yang tepat?

Moisturizer tidak hanya meningkatkan kadar air pada kulit, tetapi juga melindungi kulit Anda dan mendorong proses deskuamasi (pengelupasan) yang teratur sehingga kulit Anda tampak lebih halus.

Jumlah moisturizer di pasaran sangat banyak dan sebagian besar mengklaim memiliki kandungan yang tidak dimiliki moisturizer lain. Namun sebenarnya kandungan apa yang perlu Anda lihat dalam sebuah moisturizer?

Kebanyakan moisturizer mengandung tiga jenis kandungan yang masing-masing memiliki fungsi berbeda, yaitu:

  • Humektan 

Kandungan humektan dalam moisturizer berfungsi untuk menarik air ke lapisan atas kulit Anda, yang disebut epidermis, dari udara dan dari lapisan kulit yang lebih dalam.  Humektan umum termasuk gliserin, asam hialuronat, dan propilen glikol.

  • Emolien

Kandungan emolion di moisturizer seperti shea butter, cocoa butter, dan octyldodecanol, membantu mengisi celah di epidermis dan menutup kelembaban di kulit Anda.

  • Oklusif

Kandungan tambahan termasuk petrolatum, cetyl alcohol, dan lanolin, membentuk pelindung pada kulit Anda untuk mencegah hilangnya kelembaban.

Banyak moisturizer yang mengandung ketiga jenis bahan diatas, kecuali moisturizer wajah tertentu. Banyak moisturizer wajah yang memiliki lebih sedikit bahan oklusif berat yang dapat menyumbat pori-pori, dibandingkan dengan lotion yang ditujukan untuk kulit tebal di siku atau kaki. Berikut beberapa kandungan moisturizer terbaik yang bisa Anda cari:

  • Gliserin

Gliserin merupakan kandungan paling umum ketiga dalam moisturizer. Gliserin adalah humektan, artinya menjaga kulit Anda tetap terhidrasi dengan menarik air dari udara dan lapisan bawah kulit. Kandungan ini membantu menjaga lapisan atas kulit Anda tidak kering, karena kekeringan dapat merusak pelindung kulit Anda dari bakteri dan iritasi.

  • Asam hialuronat

Asam hialuronat adalah kandungan lain moisturizer yang dapat Anda temukan, tetapi juga diproduksi secara alami oleh kulit Anda untuk membantu menahan air. Namun, seiring bertambahnya usia, Anda mulai kehilangan asam hialuronat di kulit Anda, membuat kulit lebih cenderung mengering. Kandunga ini adalah bahan penting dalam moisturizer, karena dapat membantu mengembalikan kemampuan alami kulit Anda untuk menahan kelembaban dan tampak lembut.

  • Shea butter

Shea butter adalah bahan alami lain yang berasal dari biji pohon shea. Kandungan ini termasuk dalam emolien dan berfungsi untuk menghaluskan kulit Anda dan menjaga kelembaban. Dengan mengisi retakan pada kulit Anda, emolien seperti shea butter dapat membantu menyembuhkan pelindung kulit yang rusak dan menyembunyikan ketidaksempurnaan agar kulit Anda terlihat lebih muda. Shea butter juga membantu meredakan gejala peradangan seperti kemerahan atau bengkak dengan memperlambat produksi sel inflamasi.

  • Petrolatum

Petrolatum adalah bahan oklusif yang bekerja dengan menciptakan lapisan pelindung di atas kulit Anda yang mencegah air menguap. Menggunakan pelembab dengan humektan seperti gliserin dan petrolatum dapat membantu menarik air masuk dan kemudian menyegelnya ke lapisan kulit atas dan bawah Anda.

Memilih moisturizer terbaik untuk kulit Anda mungkin memerlukan beberapa percobaan, tetapi mencari moisturizer dengan kandungan humektan, emolien, dan oklusif yang sangat efektif dapat membantu Anda menentukan moisturizer yang tepat.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *