Penyebab, Faktor Risiko dan Pencegahan Penyakit Jantung


Penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Di Amerika Serikat saja, 1 dari 4 kematian disebabkan karena penyakit jantung. Pada dasarnya, penyakit jantung disebabkan karena kerusakan sebagian atau keseluruhan jantung. Selain itu, rusaknya arteri koroner dan kurangnya asupan nutrisi dan oksigen pada organ tubuh juga dapat menyebabkan penyakit jantung. Ada banyak jenis penyakit jantung, kebanyakan disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat. Namun, beberapa kondisi lain seperti “hypertrophic cardiomyopathy” disebabkan karena faktor genetik. Penyakit jantung jenis ini, sama halnya denagn cacat jantung bawaan, dapat terjadi bahkan sebelum seseorang lahir. Selain karena faktor genetik, ada banyak faktor lain yang berhubungan dengan pilihan gaya hidup seseorang yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol, merokok, berat badan berlebih atau obesitas, diabetes, riwayat kesehatan keluarga, makan makanan yang tidak sehat, usia, riwayat preeclampsia saat hamil, dan berada pada posisi yang sama selama beberapa waktu-misalnya duduk saat bekerja. Memiliki salah satu faktor risiko di atas dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengidap penyakit jantung. Beberapa faktor risiko, seperti usia, tidak dapat dihindari. Misalnya, seteah seseorang mencapai usia 55 tahun, kemungkinan terkena penyakit jantung menjadi lebih besar.

Pencegahan penyakit jantung

Beberapa penyakit jantung, seperti penyakit jantung yang muncul bahkan sebelum seseorang lahir, tidak dapat dicegah ataupun dihindari. Namun, penyakit jantung lain yang disebabkan karena gaya hidup tidak sehat dapat dicegah dengan cara berikut ini:

  • Makan makanan dengan nutrisi yang seimbang. Pastikan Anda selalu makan makanan yang rendah lemak, dan kaya akan serat. Selain itu, Anda harus makan 5 porsi buah-buahan segar dan sayuran hijau setiap harinya. Anda juga perlu meningkatkan asupan gandum utuh dan mengurangi jumlah garam dan gula pada diet Anda. Selain itu, pastikan jenis lemak yang Anda konsumsi berjenis lemak tidak jenuh.
  • Olahraga dengan teratur. Olahraga menjadi kunci penting seseorang untuk terbebas dari penyakit jantung. Dengan olahraga setiap harinya, aktivitas ini akan memperkuat jantung dan sistem peredaran darah, mengurangi kolesterol, dan menjaga tekanan darah.
  • Menjaga berat badan yang sehat sesuai dengan tinggi. Pastikan Anda bisa mencapai indeks masa tubuh sesuai dengan tinggi yang Anda miliki.
  • Apabila Anda seorang perokok yang aktif, segeralah berhenti merokok. Merokok merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung dan kardiovaskular.
  • Kurangi asupan alkohol. Jangan mium lebih dari 14 gelas setiap minggunya.
  • Anda juga harus mengatur kondisi yang memberikan dampak pada kesehatan jantung Anda seperti komplikasi, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

Cara-cara tersebut di atas tidak sepenuhnya dapat menghilangkan risiko penyakit jantung. Namun, cara-cara tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi munculnya komplikasi jantung.

Penyakit jantung merupakan sebuah penyakit yang serius dan dapat mengancam nyawa. Apabila tidak ditangani dengan segera, penyakit jantung dapat menyebabkan komplikasi seperti gagal jantung, sebuah komplikasi umum terjadi ketika jantung tidak dapat memompa cukup darah ke seluruh tubuh; serangan jantung, kondisi di mana gumpalan darah menyumbat aliran darah ke pembuluh darah yang merusak sebagian otot darah; dan juga stroke. Beberapa faktor risiko penyakit jantung memang tidak bisa diubah (misalnya genetik), namun faktor-faktor yang gaya hidup tidak sehat dapat diubah dengan tekun menjalankan gaya hidup sehat dengan teratur mulai saat ini.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *