Perawatan Paliatif Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien dengan Penyakit Serius


Pasien dengan penyakit serius kerap mengalami perubahan signifikan karena penyakit yang dideritanya. Mereka membutuhkan dukungan yang juga memberikan dampak besar bagi kehidupannya. Hal tersebut dapat diberikan melalui perawatan paliatif.

perawatan paliatif

Pasien bukan hanya akan memperoleh perawatan fisik dalam perawatan paliatif, melainkan juga sisi emosional, spiritual, dan sosial. Pada banyak kasus, perawatan ini berdampak besar bagi kehidupan pasien dengan penyakit serius.

Tujuan perawatan paliatif

Tidak ada standar yang mengharuskan perawatan paliatif dilakukan seragam, sebab perawatan ini benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pasien. Bila ada hal yang harus sama, yaitu fokus utama perawatan paliatif terletak pada gejala dan stres yang dialami oleh pasien.

Perawatan ini kerap diberikan kepada pasien dengan penyakit kanker, demensia, atau Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK). Tujuan utama dari diberikannya perawatan paliatif adalah meringankan gejala serta efek samping terapi yang dijalani pasien. Pasien juga akan didampingi dalam menimbang pilihan terapi dan memutuskan terapi mana yang akan dijalani.

Tak hanya itu, perawatan paliatif juga ditujukan untuk membuat pasien lebih paham dengan penyakit yang dideritanya, membantu memfasilitasi kebutuhan praktis dan spiritual pasien, membantu pasien untuk memahami perubahan yang terjadi akibat penyakit yang dideritanya, serta mengidentifikasi sumber daya tambahan sebagai bentuk dukungan.

Waktu perawatan paliatif

Sebetulnya, pasien dengan penyakit yang berat dapat meminta perawatan paliatif kapan pun. Tidak ada waktu tertentu di mana pasien baru bisa mengakses perawatan ini. Semakin awal perawatan ini dimulai, akan semakin efektif. Jadi, sejak menerima diagnosis penyakit, pasien sudah boleh meminta perawatan paliatif.

Bila kondisi di awal diagnosis terbilang belum parah, pasien tidak perlu sungkan untuk meminta perawatan paliatif. Karena kondisi setiap orang berbeda-beda, maka tidak ada kata berlebihan atau terlalu awal untuk segera mengakses perawatan ini.

Mengapa perawatan paliatif ini penting untuk segera diberikan? Sebab perawatan ini bukan hanya membantu pasien dalam mengatasi gejala dan efek samping terapi, tetapi juga membantu pasien dalam mencegah stres, depresi, atau gangguan psikologis lain yang mungkin timbul pasca didiagnosis suatu penyakit serius.

Ketika berhadapan dengan vonis penyakit serius, beban bukan hanya dirasakan oleh pasien, keluarga terdekat pun turut merasakannya. Nah, perawatan paliatif ini juga bermanfaat bagi keluarga pasien. Keluarga akan memperoleh informasi terkait sumber daya atau dukungan yang dibutuhkan dalam menghadapi penyakit yang diderita pasien.

Sebagai contoh, perawatan paliatif pada pasien penyakit demensia. Perawatan ini diberikan untuk membantu pasien menyikapi dengan tepat segala perubahan yang terjadi akibat demensia yang dideritanya.

Seperti diketahui, pasien demensia mengalami penurunan fungsi otak. Oleh sebab itu, pasien akan mengalami penurunan kemampuan berbahasa, gangguan dalam perilaku, penurunan daya ingat, serta kemampuan mengambil keputusan. Perawatan paliatif membantu pasien menghadapi perubahan tersebut, sekaligus mengatasi rasa cemas yang mungkin muncul.

Sementara itu, keluarga pasien juga akan turut menerima perawatan paliatif. Tentu saja, bukan dalam bentuk langsung terkait meringankan gejala atau efek samping terapi. Tetapi, keluarga akan dibantu dalam mengambil keputusan sulit saat merawat orang terdekatnya serta dibantu agar memahami dukungan seperti apa yang perlu diberikan.

Apabila Anda atau keluarga ada yang membutuhkan perawatan paliatif, tanyakanlah kepada dokter terkait ketersediaannya. Nantinya, Anda akan dijadwalkan untuk bertemu dengan dokter khusus yang menangani perawatan paliatif. Meski demikian, perawatan ini bukan hanya ditangani oleh dokter, tetapi oleh tim. Di dalam tim tersebut, ada perawat, psikolog, hingga ahli agama.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *