Prosedur Norwood, Tahap Awal Operasi Bedah pada HLHS


prosedur norwood

Sindrom jantung kiri hipoplastik atau Hypoplastic Left Heart Syndrome (HLHS) adalah penyakit jantung bawaan pada bayi di mana bagian kiri jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh. Akibatnya, bagian jantung sebelah kanan yang melakukan seluruh pekerjaan, yaitu menerima darah kotor dari tubuh (kaya karbondioksida) dan memompa darah bersih ke seluruh tubuh (kaya oksigen). Tindakan operasi penyembuhan HLHS dilakukan secara bertahap, yang diawali dengan prosedur Norwood untuk menstabilkan curah jantung yang dilakukan pada saat bayi berusia 1-2 minggu. Kemudian, dilanjutkan dengan operasi Glenn ketika menginjak usia 4-6 bulan dan diakhiri dengan prosedur Fontan saat berusia 2-4 tahun.

Tahapan operasi bedah HLHS : prosedur Norwood, operasi Glenn, dan prosedur Fontan.

Perlu digarisbawahi, tindakan operasi pada kasus HLHS bukan untuk melancarkan peredaran darah, melainkan untuk memperbaiki fungsi jantung agar dapat memompa darah lebih baik ke seluruh tubuh. Tindakan medis yang dilakukan untuk mengatasi penyakit HLSH terdiri atas 3 tahapan, yaitu prosedur Norwood, operasi Glenn, dan prosedur Fontan.

  1. Prosedur Norwood

Prosedur ini adalah tahap awal yang harus dilakukan dalam proses penyembuhan HLHS. Dokter akan memasang shunt atau tabung penghubung yang ditempatkan diantara aorta dan arteri pulmonalis. Fungsi tabung ini untuk menyuplai darah ke bagian arteri pulmonalis (pembuluh darah di paru-paru). Bagian ventrikel kanan dialihkan fungsi menjadi pompa utama dan lengkungan aorta diperbesar. Prosedur Norwood merupakan alternatif sementara untuk membantu bayi mendapatkan suplai darah dari paru-paru hingga dilakukan prosedur operasi berikutnya.

  • Operasi Glenn

Pada tahapan ini, dokter akan melakukan pemutusan vena cava superior (VCS) dari jantung dan dihubungkan langsung ke arteri pulmonalis. Shunt dari prosedur Norwood juga dilepaskan pada operasi ini. Operasi Glenn bertujuan mengarahkan alirah darah dari bagian atas tubuh (kepala, leher, dan lengan) langsung ke paru-paru, sehingga darah dapat mengambil oksigen tanpa perlu melewati jantung. Hal ini tentunya akan meringankan kerja ventrikel kanan, yaitu memompa darah ke paru-paru dan seluruh tubuh.

  • Prosedur Fontan

Hingga di tahap ini, darah yang tinggi karbondioksida dari bagian bawah tubuh bercampur dengan darah yang kaya oksigen. Oleh sebab itu, prosedur fontan bertujuan mengalirkan darah dari bagian bawah tubuh langsung ke paru-paru tanpa melewati jantung. Dokter akan memutus aliran darah pada vena cava inferior (IVC) dari jantung dan diarahkan langsung ke arteri pulmonalis dengan dibuatnya tabung besar atau ‘saluran’ sebagai penghubung. Sering juga, disekitar saluran Fontan dan atrium kanan dibuat lubang kecil  yang memungkinkan sejumlah darah masih mengalir langsung ke jantung hingga paru-paru terbiasa dengan aliran ekstra dari bagian bawah tubuh. Setelah itu, lubang ini akan ditutup dengan proses kateterisasi jantung.

Apakah berbahaya jika bayi HLHS tidak segera dilakukan prosedur Norwood?

Pada bayi yang baru lahir, bagian ventrikel kanan jantung masih dapat bekerja namun hanya dalam waktu yang singkat. Hal ini karena masih terdapat lubang foramen ovale yang menghubungkan jantung bagian kanan dengan atrium dan ventrikel bagian kiri pada bayi. Apabila lubang ini telah menutup pada bayi yang mengalami HLHS, maka aliran darah ke seluruh tubuh pun menjadi sedikit atau bahkan tidak ada. Akibatnya, bayi akan mengalami gagal jantung jika tidak dilakukan prosedur Norwood dengan segera setelah lahir.

Catatan

Setelah anak melewati semua tahapan di atas, orang tua harus selalu memeriksakan anak secara rutin ke dokter untuk memantau kondisi kesehatan jantungnya. Hal ini karena tidak semua anak yang menjalani prosedur operasi HLHS dapat sembuh secara total. Bahkan, ada juga yang pada akhirnya tetap membutuhkan transplantasi jantung. Oleh sebab itu, selalu jaga kesehatan anak sebaik mungkin dan ikuti instruksi dokter dengan baik.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *