Redakan Tulang Ekor Sakit dengan Perawatan Rumahan Ini


Pada umumnya tulang ekor sakit disebabkan karenan adanya suatu faktor penyakit tertentu. Tulang ekor sakit bisa membuat Anda tidak nyaman beraktivitas. Rasa sakit di tulang ekor kadang juga bisa muncul tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya. Bahkan rasa nyerinya bisa dapat menyebar ke bagian lain seperti pinggul, paha, atau ke rektum.

Tulang ekor sakit umumnya akan membuat Anda merasa ada rasa tertusuk yang tajam di tulang belakang bagian bawah. Rasa sakit tertusuk tajam ini biasanya muncul ketika sedang duduk dalam waktu yang lama. Rasa sakit ini pun kemudian dapat menyebar ke bawah kaki atau ke belakang.

Tulang ekor sakit memang dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu atau bulan. Namun, selama masih sakit Anda bisa merasakannya saat buang air, melakukan hubungan seks, duduk, mengubah posisi dari duduk menjadi berdiri, atau berdiri dalam waktu lama.

Masalahnya, tulang ekor sakit berpotensi menimbulkan beberapa kondisi medis yang lebih serius. Tulang ekor sakit yang tidak segera ditangani juga dapat memicu mati rasa, lumpuh, atau lemas. Oleh karena itu, seseorang perlu mendapatkan perawatan khusus.

Umumnya, penderita disarankan untuk mendapat pertolongan medis di fasilitas atau melalui tenaga medis yang kompeten. Namun, ketika sewaktu-waktu kondisi ini datang di saat yang tidak memungkinkan untuk Anda mendapat pertolongan medis, ada beberapa langkah perawatan yang dapat Anda lakukan di rumah, seperti:

  • Kompres dingin

Kompres es bisa membantu meredakan rasa nyeri di tulang ekor akibat cedera atau trauma. Sensasi dingin ini sangat efektif membantu mengurangi peradangan di awal cedera. Jika peradangan ini sudah diredakan di awal, biasanya rasa sakit di hari-hari selanjutnya tidak akan terlalu menusuk.

Anda bisa mengompres tulang ekor dengan es batu. Kompres area tulang ekor secara bergantian selama 10-15 menit. Lakukan sebanyak beberapa kali sehari.

  • Mengubah pola makan

Jika tulang ekor sakit disebabkan atau diperparah oleh sembelit, yang perlu Anda lakukan ialah mengubah pola makan. Mulai sekarang, Anda harus lebih banyak makan serat dan minum air. Dengan begitu, masalah pencernaan Anda sedikit demi sedikit bisa teratasi dengan baik.

  • Hilangkan kebiasaan yang tidak sehat

Jika selama ini Anda selalu duduk di depan komputer dalam waktu lama, mulai sekarang sering-seringlah bangun dan bergerak. Anda juga bisa mulai menggunakan bantal tambahan saat duduk untuk sedikit meringankan beban tulang ekor saat menumpu tubuh bagian atas. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan postur tubuh saat duduk agar tidak terlalu sakit.

  • Melakukan peregangan otot

Jika Anda cukup kuat untuk berolahraga, sebaiknya lakukan peregangan ringan agar dapat meregangkan otot-otot di sekitar tulang ekor. Adapun gerakan yang dilakukan sebaiknya difokuskan pada tulang belakang, otot piriformis (otot di bokong yang membentang ke paha bagian atas), dan iliopsoas (otot di daerah pinggul). Meregangkan ligamen yang melekat pada tulang ekor membantu mengurangi ketegangan otot di bagian tersebut.

  • Menggunakan bantal tambahan

Ganjal bantal bisa membantu mengurangi tekanan ketika duduk saat tulang ekor sakit. Namun, bukan bantal biasa yang digunakan.  Bantal berbentuk U atau V-lah yang umumnya cukup membantu meringankan rasa sakit. Bantal tambahan ini bisa Anda gunakan saat menyetir, di kantor, di kelas, atau di rumah.

  • Minum obat NSAID

NSAID adalah obat antiradang nonsteroid yang digunakan untuk membantu mengatasi gangguan muskuloskeletal. Obat ini khususnya bekerja cukup ampuh meredakan nyeri, demam, dan peradangan. Untuk itu, Anda juga bisa minum obat NSAID untuk membantu mengurangi peradangan di sekitar tulang ekor.

***

Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi tulang ekor sakit. Jika sakit tulang ekor Anda tidak lekas membaik atau berlangsung hingga enam bulan atau lebih, sebaiknya konsultasi ke dokter untuk penanganan yang tepat.

Pasalnya, dalam beberapa kasus tulang ekor sakit bisa menjadi sebuah tanda dari penyakit kanker atau tumor. Sedangkan tulang ekor sakit yang disebabkan karena patah tulang, maka Anda akan diminta untuk melakukan pemeriksaan medis lebih lanjut, seperti rontgen.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *