Sesuatu yang Bisa Dilakukan untuk Menghindari Kanker Hati


Hati merupakan salah satu organ vital di dalam tubuh manusia. Fungsinya dapat dimengerti dengan sederhana sebagai “filter” zat-zat asing yang masuk ke tubuh, walau tidak terbatas pada itu. Hati rentan terkena penyakit. Penyakit paling populer adalah hepatitis. Nah, penyakit itu nantinya dapat berkembang menjadi kanker hati.

Kanker hati masuk ke dalam kanker yang ditakuti karena berpredikat sebagai salah satu kanker dengan tingkat mortalitas yang tinggi. Kanker hati ada di belakang kanker paru, kanker serviks, dan kanker payudara.

Seperti namanya, kanker hati terjadi ketika sel-sel di hati berkembang, tumbuh, dan bermutasi secara tak terkendali. Karena sifatnya yang agresif, sel-sel ini menggerogoti organ hati sehingga tak mampu lagi bekerja dengan baik.

Ada banyak penyebab terjadinya kanker hati, tetapi hampir setiap kasus selalu bermula dari penyakit-penyakit lain yang terjadi di hati. Oleh karenanya, menjaga kesehatan hati, apa pun caranya adalah upaya terbaik untuk menghindar dari kanker hati ini.

Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari kanker hati adalah:

  1. Jangan Sampai Terkena Hepatitis C dan B

Faktor risiko terbesar dalam kasus kanker hati adalah infeksi kronis virus hepatitis B dan virus hepatitis C. Keduanya bisa menular melalui cairan tubuh, mulai dari liur, darah, hingga cairan kelamin. Virus ini dapat menular dari orang ke orang melalui berbagai gaya hidup berisiko. Seperti berbagi jarum yang terkontaminasi, seperti penggunaan narkoba, tato, tindik, dsb; hubungan seks berisiko, dan melalui persalinan. Dapat disimpulkan bahwa tidak berbagi jarum suntik dan melakukan hubungan seks yang aman bisa dijadikan usaha kita terhindar dari kanker hati.

Selain itu, amat disarankan bagi siapa pun, anak atau orang dewasa, untuk mendapatkan vaksin Hepatitis B Virus (HBV) dalam rangka mengurangi risiko hepatitis yang dapat berkembang menjadi kanker hati. Sementara untuk vaksin untuk Hepatitis C Virus (HCV) tidak ada, tetapi bisa dicegah dengan melakukan seks yang aman, menghindari tindik atau tato, tidak memakai narkoba, hingga menggunakan jarum suntik yang steril.

Transfusi darah juga sebagai sumber utama infeksi hepatitis. Tetapi bank darah biasanya telah melakukan pengujian untuk mendeteksi virus-virus, sehingga risiko terkena infeksi hepatitis dari transfusi darah sangat rendah.

  • Tidak Mengonsumsi Alkohol dan Rokok

Minum alkohol dengan berlebihan dapat menyebabkan sirosis. Sirosis adalah salah satu penyakit hati yang dapat bekembang menjadi kanker hati. Sirosis adalah kondisi di mana organ hati telah rusak dan tak mampu lagi menjalankan fungsinya. Hati yang sudah tekena sirosis tidak dapat dipulihkan, tim medis hanya bisa mencegah kerusakan yang terjadi tidak semakin parah. Oleh karenanya, menghindari sirosis adalah cara terbaik yang kita bisa untuk lepas dari ancaman kanker hati.

Kebiasaan merokok juga dapat meningkatkan risiko kanker hati, untuk itu berhenti merokok menjadi cara mencegah kanker hati. Tidak merokok juga akan membantu menurunkan risiko kanker lain yang juga mengancam jiwa, seperti kanker paru-paru.

  • Upayakan Jaga Berat Badan Ideal

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas cenderung mengalami kondisi hati berlemak dan diabetes, kedua kondisi kesehatan ini juga amat dekat dengan kanker hati. Untuk itu, menjaga gaya hidup yang sehat agar memiliki berat badan yang ideal dapat dilakukan sebagai salah satu bentuk upaya menghindari kanker hati.

  • Tidak Paparan Bahan Kimia

Bahan kimia dekat sekali di kehidupan kita. Mereka dapat ditemukan di makanan, minuman, bahkan di udara yang kita hirup sehari-hari. Berbagai bahan kimia tersebut diciptakan memang untuk membantu kehidupan manusia, tetapi di sisi lain mereka juga menjadi ancaman yang nyata bagi manusia.

Walau tak dapat dihindari secara utuh, setidaknya kita dapat mengurangi kemungkinan risiko yang disebabkan oleh bahan kimia tersebut. Mulai ubah pola makan dengan makanan yang sehat, misalnya. Menggunakan perlengkapan pelindung, seperti masker, sarung tangan, dsb, jika kita bekerja di tempat-tempat yang banyak terdapat bahan kimia, mungkin dapat mencegah tubuh terpapar langsung.

***

Melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah anjuran atau metode yang benar-benar ampuh dalam menangkal berbagai penyakit yang mungkin menyerang tubuh. Jika kita menilik lagi hal-hal yang dapat dijadikan sebagai upaya terhindar dari kanker hati, PHBS jadi kunci utama untuk tidak terserang penyakit yang bisa menyebabkan terjadinya kanker hati.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *