Tak Perlu Khawatir, Begini Cara Menghilangkan Bruntusan


Memiliki kulit wajah yang mulus dan sehat pasti menjadi impian semua orang. Kulit yang berjerawat atau bahkan bruntusan tentu akan membuat Anda merasa terganggu dan tidak percaya diri. Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir karena ada cara menghilangkan bruntusan dengan mudah.

Mengatasi kemunculan bruntusan di jidat

Umumnya, bruntusan muncul dalam bentuk kumpulan jerawat-jerawat kecil di area wajah, khususnya di jidat. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Menggunakan krim dengan kandungan retinoid

Kandungan retinoid dipercaya efektif mengatasi berbagai kondisi jerawat, salah satunya bruntusan. Krim atau salep dengan kandungan retinoid paling umum ditemukan sebagai cara menghilangkan brutusan.

Retinoid bekerja dengan mengangkat sumbatan pada pori-pori, sehingga komedo dan jerawat yang meradang dapat sembuh lebih cepat. Selain itu, ukuran pori-pori yang besar juga bisa tersamarkan dengan penggunaan retinoid.

  • Menggunakan antibiotik

Bila bruntusan Anda cukup parah, dokter mungkin akan menganjurkan untuk melakukan upaya pengobatan dengan antibiotik. Antibiotik dapat diberikan dalam bentuk suplemen untuk diminum ataupun krim untuk dioleskan langsung pada wajah.

Antibiotik bekerja dengan membunuh bakteri penyebab jerawat. Dengan begitu, kemunculan jerawat dapat lebih dikendalikan. Penggunaan antibiotik ini sebaiknya dihentikan apabila kondisi kulit Anda sudah lebih baik.

  • Menggunakan produk perawatan kulit

Apabila Anda tidak ingin mengatasi bruntusan tanpa mengunjungi dokter, Anda bisa memanfaatkan produk perawatan kulit yang khusus mengatasi jerawat. Produk-produk tersebut dapat berupa sabun muka, toner, serum, masker wajah, dan lain sebagainya.

Umumnya, produk yang bisa menghilangkan bruntusan mengandung bahan-bahan aktif seperti salicylic acid, benzoyl peroxide, dan retinol. Anda bisa mendapatkan produk-produk ini dengan membelinya di apotek, supermarket, atau melalui toko online.

Cara menghilangkan bruntusan dengan mengubah kebiasaan

Sebenarnya, salah satu faktor pemicu kemunculan bruntusan adalah pola hidup atau kebiasaan yang buruk. Cara menghilangkan bruntusan yang paling tepat adalah dengan mengubah kebiasaan agar kesehatan kulit lebih terjaga.

Berikut ini beberapa kebiasaan yang perlu diterapkan untuk mengatasi bruntusan:

  • Mencuci wajah dengan teratur

Banyak orang mengalami bruntusan karena kebiasaan mencuci wajah yang salah. Padahal, mencuci wajah dengan teratur dan tepat dapat membantu dalam menghilangkan keringat dan produksi minyak berlebih.

Sebaiknya, cuci wajah setidaknya dua kali dalam sehari. Secara khusus, bila Anda sering menggunakan riasan wajah, melakukan aktivitas di luar ruangan, dan berkeringat sepanjang hari, rutinitas wajah tidak boleh sampai terlewatkan.

Anda bisa menggunakan sabun wajah khusus dengan kandungan aktif yang mampu melawan jerawat, atau menggunakan scrub untuk mengeksfoliasi kulit.

  • Rutin menggunakan pelembab

Kebanyakan orang yang mengalami bruntusan memiliki jenis kulit wajah yang berminyak. Pada orang-orang dengan jenis kulit ini, mereka cenderung mengira bahwa pelembab hanya akan membuat produksi minyak di wajah mereka meningkat.

Pemahaman itu bukanlah pemahaman yang benar. Jenis kulit apa pun sama-sama memiliki kebutuhan untuk menggunakan pelembab. Hanya saja, bagi Anda yang mengalami bruntusan, sebaiknya gunakan pelembab yang tidak mengandung minyak dan dikhususkan untuk kulit berjerawat.

Gunakana pelembab setelah membersihkan wajah sampai bersih. Pelembab dapat membantu dalam menghaluskan tekstur kulit yang  tidak merata akibat brutusan.

Itulah beberapa cara menghilangkan bruntusan yang bisa Anda coba. Pastikan untuk memperhatikan setiap komposisi produk yang akan Anda gunakan agar tidak memperparah kondisi bruntusan.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *