Trikotilomania, Penyakit Mental yang Unik


Trikotilomania, yang juga disebut gangguan mencabut rambut adalah kondisi gangguan mental.

Kondisi trikotilomania melibatkan dorongan yang berulang dan tak tertahankan untuk mencabut rambut dari kulit kepala, alis, atau area lain di tubuh Anda, meski Anda berusaha untuk berhenti.

Mencabut rambut dari wajah dapat mengakibatkan hilangnya sebagian atau seluruh alis dan bulu mata Anda, sedangkan mencabut rambut dari kulit kepala dapat menyebabkan berbagai tingkat kerontokan pada rambut. 

Pencabutan rambut dan kerontokan rambut selanjutnya mengakibatkan penderitaan bagi orang tersebut, dan dapat mengganggu fungsi sosial dan pekerjaan mereka. Untuk sebagian orang, gejala trikotilomania dapat ditangani, tetapi bagi orang lain, gejalanya bisa sangat membebani.

Ciri utama trikotilomania adalah mencabut rambut sendiri secara berulang.  Mencabut rambut dapat terjadi disemua bagian tubuh tempat rambut tumbuh;  situs yang paling umum termasuk kulit kepala, alis, dan kelopak mata. Daerah yang kurang umum termasuk daerah wajah, kemaluan, dan peri-rektal. Gejala lain dapat meliputi:

  • Upaya berulang untuk mengurangi atau menghentikan pencabutan rambut
  • Mencabut rambut menyebabkan stres atau gangguan dalam sosial, pekerjaan, atau area fungsi lainnya
  • Rasa tegang yang meningkat sebelum rambut ditarik, atau saat mencoba menahan penarikan
  • Perasaan lega setelah menarik
  • Rambut rontok yang nyata
  • Memainkan rambut yang ditarik, atau mengusapnya ke seluruh wajah atau kulit
  • Menggigit, mengunyah, atau memakan rambut yang ditarik
  • Mencabut jenis rambut tertentu (tekstur tertentu)
  • Mencabut rambut sering kali dilakukan secara pribadi

Banyak orang yang menderita trikotilomania juga mengorek kulitnya, menggigit kuku, atau mengunyah bibir. Terkadang menarik rambut dari hewan peliharaan atau boneka atau dari bahan, seperti pakaian atau selimut, bisa menjadi pertanda. Kebanyakan orang dengan trikotilomania menarik rambut secara pribadi dan umumnya berusaha menyembunyikan kelainan tersebut dari orang lain.

Bagi penderita trikotilomania, mencabut rambut bisa berupa:

  1. Terfokus. Beberapa orang menarik rambut mereka dengan sengaja untuk meredakan ketegangan atau tekanan, misalnya, mencabut rambut untuk menghilangkan keinginan yang luar biasa untuk mencabut rambut. Beberapa orang mungkin mengembangkan ritual rumit untuk menarik rambut, seperti menemukan rambut yang tepat atau menggigit rambut yang ditarik.
  2. Otomatis. Beberapa orang menjambak rambut tanpa menyadarinya, seperti saat bosan, membaca, atau menonton TV.

Pengobatan trikotilomania bisa menjadi rumit, dan sebagian besar pilihan pengobatan memerlukan waktu dan latihan.  Individu sering mencoba beberapa strategi untuk mengatasi dorongan mereka sebelum menemukan sesuatu yang berhasil.  

Jika Anda tidak dapat berhenti mencabut rambut dan mengalami dampak negatif dalam kehidupan sosial, sekolah atau fungsi pekerjaan, atau bidang lain dalam hidup Anda, penting untuk mencari bantuan.  Trikotilomania tidak akan hilang dengan sendirinya, karena kondisi ini adalah gangguan kesehatan mental yang membutuhkan pengobatan.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *