Tulang Telapak Kaki Sakit Saat Pakai Heels? Ini Cara Mengatasinya


Mungkin banyak sekali wanita yang merasakan sakit pada tulang telapak kakinya setelah menggunakan sepatu berhak tinggi atau yang biasa dikenal dengan nama high heels. Bagi sebagian wanita, menggunakan sepatu hak tinggi dapat menambah rasa percaya diri, meski ada juga karena tuntutan pekerjaan. 

tulang telapak kaki

Bagaimana tidak, sepatu hak tinggi dapat membuat kaki menjadi ramping dan jenjang bagi wanita yang menggunakannya.  Selain itu, bagi wanita dengan tinggi yang kurang pun dapat disiasati dengan menggunakan sepatu hak tinggi.

Tetapi ketika Anda cantik dan percaya diri dengan menggunakan high heel maka konsekuensi yang muncul adalah tulang telapak kaki Anda sering sakit. Berikut beberapa cara untuk melindungi kaki Anda saat menggunakan sepatu hak tinggi.

  1. Gunakan hak sepatu yang pas

Banyak sekali sepatu yang memiliki hak yang sangat tinggi layaknya sebuah papan seluncur. Pilihlah sepatu hak dengan tinggi yang pas. Pasalnya jika hal terlalu tinggi dapat menyebabkan bagian depan kaki mendapatkan tekanan yang lebih berat dan menimbulkan rasa sakit pada jari kaki.

  • Bantalan

Umumnya bagian dalam sepatu terdapat bantakan yang membuat kaki nyaman. Nah, jika Anda menggunakan sepatu hak tinggi dan supaya tulang telapak kaki Anda aman disarankan untuk menggunakan bantalan atau silikon gel pada bagian dalam sepatu. Silikon gel bisa Anda temui pada toko sepatu ataupun aksesoris sepatu, benda ini dapat membuat rasa nyaman pada kaki saat menggunakan hal tinggi.

  • Gunakan sol tebal

Pernah lihatkan sepatu hak tinggi namun dengan hal yang tidak runcing tetapi memiliki diameter yang lebih lebar atau tebal. Pilihan sepatu hak tinggi yang tebal ini bisa membantu kerja kaki lebih ringan. Pasalnya, hak yang lebih tebal akan memberikan keseimbangan yang lebih baik pada kaki secara merata dibandingkan dengan hak tinggi yang runcing.

  • Kemiringan sepatu

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah tingkat kemiringan pada sepatu hak tinggi. Ada baiknya untuk memilih sepatu yang tidak terlalu miring. Anda bisa memilih sepatu hak tinggi dengan tambahan bantalan dibagian depan atau platform heels. Hal ini bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit pada bola kaki dan tulang telapak kaki.

  • Pilih sepatu hak tinggi yang terbuka

Memilih sepatu hak tinggi yang terbuka berfungsi untuk mengurangi tekanan pada telapak kaki. Tekanan tersebut dapat menyebabkan kapalan dan membuat benjolan seperti jagung yang biasanya ada pada jari dan sekitaran kaki. Selain itu, memilih sepatu yang lebih terbuka dapat membantu mengurangi tekanan pada daerah yang meradang.

Jadi, penting sekali bagi Anda untuk memilih sepatu hak tinggi yang sesuai dengan diri Anda. Selain membantu kerja tulang telapak kaki, hal tersebut pun dapat meminimalisir risiko kaki terkilir. Perlu Anda ketahui, beberapa kondisi yang bisa terjadi pada tubuh ketika Anda menggunakan sepatu hal tinggi secara berlebihan, bisa karena terlalu lama atu salah memilih sepatu.

Tidak hanya menyebabkan rasa sakit pada kaki, tetapi juga rasa sakit pada lutut dan punggung bagian bawah. Dan berikut beberapa nyeri dan kondisi umum yang berhubungan dengan penggunaan sepatu hak tinggi:

  • Metatarsalgia dan fraktur stres, hal ini terjadi karena banyaknya tekanan pada bola kaki Anda. Jadi semakin tinggi sepatu maka semakin buruk pula tekanan pada bola kaki.
  • Nyeri tumit, hal ini paling sering terjadi jika Anda menggunakan heel dalam waktu yang lama dan menyebabkan otot betis mengencang dan nyeri.
  • Kelainan bentuk kuku kaki, menggunakan sepatu hak tinggi dapat membuat berat badan Anda bergeser ke bagian depan, sehingga mengakibatkan tekanan pada jari kaki, terlebih bagian depan sepatu sepatu umumnya akan menyempit. Kerusakan pada kuku kaki dapat terjadi saat nereka bergesekan dengan sepatu dan mengakibatkan cacat pada kuku.
  • Patah tulang dan keseleo, menggunakan sepatu hak tinggi sering kali membuat seseorang tidak bisa seimbang saat berjalan atau pun berdiri. Dengan begitu risiko terjatuh, patah tulang hingga keseleo pun semakin tinggi.
  • Bunion, adanya benjolan di dekat dasar tulang ibu jari atau jempol. Jika Anda mengalami hal ini biasanya akan merasakan ketidaknyamanan hingga nyeri di area tersebut dan akan semakin parah ketika Anda berdiri.

Tidak ada salahnya menggunakan sepatu hak tinggi, terlebih lagi jika Anda menggunakannya karena kewajiban, hal pekerjaan misalnya. Namun, akan lebih baik jika memilih sepatu hak tinggi yang sesuai dengan kemampuan tubuh Anda, jangan telalu tinggi dan sesuaikan dengan kebutuhan. Selain cantik tentu kita ingin sehat bukan? Semoga tip di atas bisa membantu Anda dalam memilih sepatu dan merawat tulang telapak kaki agar tetap berfungsi dengan baik.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *